BENDUNGAN AIR BERSIH UNTUK IKN BARU

Senin 22-06-2020,12:14 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Tahapan pembangunan Bendungan Sepaku-Semoi, Penajam Paser Utara (PPU) masih akan sesuai jadwal. Mulai akhir tahun nanti. Ini proyek strategis. Dapat memenuhi kebutuhan air bersih di PPU dan sekitaranya. Juga bisa mengatasi banjir.


SAAT mengunjungi lokasi Ibu Kota Negara (IKN) di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), 17 Desember 2019 lalu, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memamerkan informasi proyek infrastruktur IKN. Antara lain tentang pemenuhan kebutuhan air baku.

Presiden RI Joko Widodo saat itu memang membawa rombongan jumbo. Berbagai kementerian terkait diboyong. Plus menteri-menterinya. Juga para awak media lokal dan nasional. Disway Kaltim salah satu yang turut dalam rombongan itu.

Pemprov Kaltim hari itu punya gawean besar. Gubernur Kaltim Isran Noor sebagai tuan rumah, beserta dua kabupaten yang menjadi kawasan IKN hadir mendampingi presiden.

Kebetulan saat itu, presiden meresmikan Tol Balikpapan-Samarinda Seksi II-IV di pintu gerbang Tol Samboja. Sesaat setelah memencet sirene dan menjawab pertanyaan wartawan, presiden dan rombongan bertolak ke Sepaku.

Rombongan diiringi hujan dan ditemani jalan becek berlumpur sebelum sampai di bukit. Semua proyek infrastruktur dipantau dari ketinggian. Sembari melihat lokasi dari sebuah peta.

Dari informasi yang didapat Disway Kaltim, areal Bendungan Sepaku-Semoi mencakup tiga desa. Desa Tengin Baru, Desa Argomulyo dan Desa Sukamulyo. Sumber air bendungan ini nantinya berasal dari hulu aliran Sungai Tengin Baru. Saat ini dimanfaatkan PDAM untuk kebutuhan air bersih warga setempat.

Disway baru-baru ini mewawancarai Kepala Bagian Pembangunan Sekretariat Kabupaten PPU, Nicko Herlambang. Ia menyebut pembangunan segera berjalan. Akhir tahun nanti atau awal tahun depan. Memang sebelumnya proses sempat tertunda akibat masa pandemi COVID-19.

Tags :
Kategori :

Terkait