Isran Noor Pimpin NasDem Kaltim, Harbiansyah Hanafiah Jabat Dewan Pertimbangan

Rabu 17-06-2020,00:08 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

SAMARINDA, DiswayKaltim.com – Manuver politik Isran Noor memang selalu menarik. Pasca mundur dari pemilihan Musda Golkar Kaltim, kali ini Isran disebut menjabat DPW Partai NasDem Kaltim. 

Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrat (NasDem) dikabarkan melakukan pergantian pengurus Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Kaltim. Isran Noor menggantikan Harbiansyah Hanafiah.

Kabar ini dibenarkan Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai NasDem Samarinda Joha Fajal saat dihubungi Disway Kaltim, Selasa (16/6) malam.

Pria dengan panggilan Puang ini mengungkapkan, Harbiansyah sebelumnya pernah meminta kepada DPP untuk diganti setelah Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 selesai.

"Setelah pemilihan 2019, Harbiansyah Hanafiah menyampaikan ke ketua umum untuk mundur dari posisi ketua. Ketum mengatakan boleh mundur, dengan catatan paling tidak kualitas penggantinya sama dengan dirinya. Maka posisi itu jatuh ke Isran Noor," ungkap Joha.

Sampai saat ini, Joha sendiri belum mengetahui apakah Surat Keputusan (SK) dari DPP untuk menegaskan posisi Isran sebagai ketua DPW sudah dikeluarkan atau tidak. "Tapi memang Pak Isran (ditunjuk) untuk mengganti Harbiansyah, cuma SK-nya saja kita belum tahu ada atau tidak," sambungnya.

Joha menambahkan, Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPW Kaltim Fatimah Asyari sudah menyampaikan bahwa struktur organisasi NasDem telah rampung dan selesai. Kemudian, posisi Harbiansyah dalam struktur tersebut telah digantikan oleh Isran Noor.

"Kalau menurut sekjen sudah digantikan posisinya di struktur, tapi baru direkomendasikan," sambungnya.

Sekretaris Umum Partai NasDem Balikpapan Lauhil Machfudz mengatakan hal sama soal kabar tersebut. Meski begitu, ia belum berani menegaskan pergantian sebelum menerima tembusan surat dari DPP atau DPW. Tentang penunjukkan Isran Noor sebagai ketua DPW NasDem Kaltim.

Namun, Lauhil tidak menampik bahwa kabar itu sudah ramai di kalangan pengurus pusat seminggu belakangan. “Tapi, tidak mau mendahului, kita tunggu saja surat resminya. Memang kami mendengar kabar itu namun alangkah baiknya nanti setelah surat kami (DPD NasDem Balikpapan) terima. Sampai hari ini (malam tadi, Red.) kami belum menerima surat itu,” katanya.

Jika memang benar, DPD NasDem Balikpapan, kata Lauhil, merespons positif pergantian itu. Ia memandang hal itu sebagai sebuah penyegaran biasa dalam sebuah partai. Apalagi, Harbiansyah sudah menjabat selama dua periode.

“Memang ada keinginan beliau (Harbiansyah, Red.) untuk mundur. Itu sudah berulang kali disampaikan. Ya, karena juga sudah lama menjabat. Mungkin ingin istirahat,” sebutnya.

Lauhil menampik jika kabar pergantian ini terkesan mendadak. Menurutnya, sebuah keputusan strategis, apalagi mengganti pimpinan partai, sudah pasti melalui pertimbangan matang. Harbiansyah, kata dia, menurut informasi akan ditempatkan sebagai Dewan Pertimbangan DPW NasDem Kaltim.

Terkait peta politik NasDem di Kaltim, ia sepakat akan lebih berwarna dan membawa perubahan. Mengingat, Isran Noor seorang gubernur memiliki peran dan posisi tawar yang kuat pada peta politik Kaltim.

Tags :
Kategori :

Terkait