Pajak Parkir PT Securindo Naik Rp 400 Juta Per Bulan

Selasa 06-08-2019,12:51 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Haemusri Umar

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Adanya perubahan dan kenaikan tarif parkir oleh PT Securindo Packatama Indonesia berdampak pada penerimaan pajak daerah. Dalam hal ini pajak parkir. Ini diakui Plt Kepala Badan Pengelola Pajak Daerah dan Restribusi Daerah (BPPDRD) Balikpapan Haemusri Umar.

Pendapatan pajak parkir dari lokasi parkir yang dikelola PT Securindo meningkat drastis. Di atas 50 persen.

"Yang dikelola Securindo itu masuk pajak daerah. Offstreet. Pendapatan pajaknya naik sekitar Rp 400 juta. Dari sebelumnya rata-rata Rp 600 juta. Jadi ada kenaikan Rp 400 juta. Jadi, pajak yang masuk sekitar Rp 1 miliar per bulan," katanya, kepada DiswayKaltim.com, Senin (5/8/2019).

Hal itu, sangat mendongkrak pendapatan pajak parkir secara keseluruhan. Pasalnya, dengan capaian realisasi pendapatan saat ini, Haemusri optimistis pendapatan pajak parkir mencapai target.

"Realisasi pajak parkir sudah 53,2 persen. Itu per Juli 2019. Target pajak parkir Rp 20 miliar. Kami optimistis tercapai," lanjutnya.

Dengan kenaikan tarif oleh PT Securindo di lokasi parkir yang dikelolanya per Juni lalu, kontribusi bagi pajak daerah terutama sektor parkir oleh DPRD Balikpapan dinilai baik.

"Parkir sudah naik. Dan itu signifikan," kata Ketua DPRD Balikpapan Abdulloh usai rapat paripurna, Senin (5/8/2019).

Menurutnya, kenaikan pendapatan tersebut dapat menutupi penurunan pendapatan pajak parkir bandara yang turun Rp 500 juta per bulan. Dari pendapatan yang biasanya Rp 1 miliar per bulan.

"Itu bisa menopang pajak parkir dari bandara yang selama ini menurun akibat adanya bandara di Samarinda. Seperti yang kita tahu, pajak parkir bandara turun Rp 500 juta per bulan. Tapi diharapkan dari sektor lain ada kenaikan sekitar Rp 300-Rp 400 juta," kata Abdulloh.

Seperti diketahui, PT Securindo Packatama Indonesia memberikan perubahan sistem dan kenaikan tarif pada lokasi parkir yang dikelolanya. Untuk saat ini, ada sebanyak 11 titik parkir yang dikelola perusahaan ini.

Di antaranya, yaitu Balikpapan Super Block (BSB), Grand Sudirman, Balikpapan Ocean Square (BOS), Balikpapan Plaza Trade Mall, Balikpapan Plaza Mall, Plaza Kebun Sayur, Rapak Plaza Balikpapan, Transmart Daun Village, Living Plaza Balikpapan, Rumah Sakit Siloam dan Pentacity Mall. (sah/dah)

Tags :
Kategori :

Terkait