Rangkaian Balikpapan Fest 2025 melibatkan 2.794 pelaku kreatif, 41 komunitas seni dan budaya, serta 120 pelaku UMKM.
Di sisi lain, Pemkot Balikpapan juga menyiapkan area promosi sejak 2 Oktober hingga 10 November di area Dome dan lobi hotel mitra sebagai ruang pemasaran produk lokal.
"Pelibatan UMKM menjadi fokus utama. Setiap kegiatan harus berdampak langsung pada ekonomi warga," tegas Ratih.
Acara pembukaan berlangsung 6 November, disusul fashion show dan seremoni Duta Wisata Indonesia pada 7 November.
Serta puncak hiburan dan olahraga 4 Point Run pada 9 November, diikuti 1.300 peserta pada tiga kategori jarak tempuh.
Pemkot pun menargetkan 22.000-40.000 pengunjung dengan estimasi perputaran ekonomi mencapai Rp5 miliar selama empat hari penyelenggaraan.
"Balikpapan Fest menjadi ruang ekonomi kreatif sekaligus sarana promosi kota global. Kami ingin wisatawan tidak hanya dari nusantara, tapi juga mancanegara," tutup Ratih.