Indeks Pembangunan Statistik 2024 Meningkat, Pemkab PPU Raih Predikat Baik

Rabu 23-10-2024,10:01 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Hariadi

PENAJAM PASER UTARA, NOMORSATUKALTIM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Penajam Paser Utara (PPU) mencatatkan peningkatan pada Indeks Pembangunan Statistik (IPS) 2024 dengan meraih kategori baik. 

Hal ini disampaikan saat rapat sosialisasi dan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS).

Penjabat (Pj) Bupati PPU, Muhammad Zainal Arifin mengatakan, untuk IPS pada tahun ini meraih nilai 2,7, mengalami peningkatan dibanding 2023 lalu yang hanya diangka 1,3. 

Bahkan dengan raihan itu juga mengantarkan wilayah yang dikenal dengan tagline Serambi Nusantara juga masuk dalam jajaran 100 besar kota/kabupaten dengan torehan IPS 2024.

BACA JUGA: Pelaku UMKM Difasilitasi Studio Live Streaming

"Dalam tingkat nasional di urutan 88, dan di Provinsi Kalimantan Timur urutan pertama. Jadi Kabupaten PPU nomor satu di Kaltim," Ucap Zainal Arifin, di Aula Lantai 3 Kantor Bupati PPU, Selasa (22/10/2024).

Zainal menuturkan, IPS adalah indikator yang menggambarkan tingkat kematangan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral di instansi pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 

Tingkat kematangan diukur dengan 5 tingkatan, yakni rintisan, terkelola, terdefinisi, terpadu, serta optimum. 

Kemudian untuk mendapatkan nilai dihasilkan dari EPSS. 

BACA JUGA: Pimpin Upacara HSN 2024 di PPU, Zainal Sebut Santri Bisa Jadi Pengusaha hingga Presiden 

"Jadi dengan nilai 2,7 dan predikat baik saya memberikan apresiasi kepada tim penilai internal (kabupaten) yang ketuanya Kepala Diskominfo PPU," puji Zainal.

Beberapa data yang dinilai di Kabupaten PPU terdiri dari beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD), antara lain, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo); Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang); Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Kemudian Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Perdagangan (KUKM Perindag); Dinas Kesehatan; RSUD; Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMP); Dinas Perpustakaan dan Arsip, serta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM). 

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten PPU atas pembinaan terkait statistik.

Kategori :