Indeks Pembangunan Statistik 2024 Meningkat, Pemkab PPU Raih Predikat Baik

Rabu 23-10-2024,10:01 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Hariadi

BACA JUGA: 27 Formasi CPNS di Lingkup Pemkab PPU Kosong Pendaftar

"Di samping dari prestasi yang diraih kami berharap untuk selalu ditingkatkan," pintanya yang juga menjabat Direktur Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Hutan Lindung Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Sementara itu, untuk EPSS merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Tim Penilai Badan BPS Kabupaten. 

Dimana punya peranan penting karena menjadi tolak ukur sejauh mana penyelenggaraan statistik di suatu daerah. 

Zainal menyebut, dengan adanya data, khususnya dari BPS sangat dibutuhkan tak hanya sekadar informasi, namun juga sebagai pertimbangan dari program-program pemerintah daerah.

BACA JUGA: Pelaku UMKM PPU Dipandu Jualan Via Live Streaming

"Perencanaan itu bagian penting dan menggunakan sumber informasi yang akurat. Seperti kata kalau seseorang membuat perencanaan yang buruk maka sedang merencanakan kegagalan," sebutnya.

Ia meminta jajarannya di masing-masing OPD untuk tak menutup data-data statistik kepada awak media. 

Karena apabila informasi itu disebarluaskan oleh wartawan, maka dapat diketahui oleh masyarakat telah sejauh mana program atau progres dari capaian daerahnya, khususnya Pemkab PPU.

"Data statistik silakan diolah wartawan, kalau data-data tersebut diinformasikan maka secara tidak langsung merupakan bagian dari monitoring yang dilakukan oleh masyarakat, pasti akan mendapatkan respons baik itu positif maupun negatif," tutup Zainal.

Kategori :