Sufian Minta KPU Berau Antisipasi Jika Terjadi Hujan Saat Pemungutan Suara

Kamis 10-10-2024,21:43 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Didik Eri Sukianto

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Penjabat sementara (Pjs) Bupati Berau, Sufian Agus mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Berau untuk terus siaga pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 mendatang.

Menurutnya, KPU harus memiliki antisipasi jika pada pemungutan suara nantinya terjadi hujan. 

Hal tersebut akan berdampak pada rusaknya surat suara maupun kotak suara, serta berdampak pada kurangnya antusias masyarakat dalam memilih.

"Berdasarkan ramalan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Berau memprediksi potensi hujan mengguyur Bumi Batiwakkal saat pemungutan suara pada 27 November nanti," ujarnya.

BACA JUGA:  Sekda Berau Tegaskan Berkali-kali: ASN Wajib Netral

BACA JUGA: Pjs Bupati Berau Kunjungi Sekber Paslon Peserta Pilkada 2024: Saya Wajib Ketemu

Hal tersebut, kata dia, tentunya menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau dalam upaya mencegah terjadinya golongan putih (golput) pada pilkada tahun ini.

“Informasi ini disampaikan langsung oleh BMKG, bahwa berpotensi hujan saat pencoblosan,” ungkapnya.

Untuk itu, dirinya bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Berau akan membahas lebih dalam terkait solusi yang akan diambil jika potensi itu benar terjadi.

"Harus ada langkah antisipasi dalam menekan risiko jika hujan tersebut benar mengguyur Berau saat pemungutan suara berlangsung," tuturnya.

BACA JUGA:  Kunjungi Kantor OPD, Pjs Bupati Berau Berikan Evaluasi

BACA JUGA: Kunjungi Kantor OPD, Pjs Bupati Minta ASN Netral Pada Pilkada

Ia berharap, seluruh perangkat daerah dapat menjadi motor utama dalam memastikan pilkada berlangsung secara damai dan berintegritas tanpa ada satupun Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak netral.

"ASN dan seluruh masyarakat harus bersama-sama menciptakan suasana yang kondusif, aman, dan damai," ungkapnya.

Lebih lanjut, dirinya juga meminta kepada KPU Berau untuk lebih siaga dalam memastikan logistik pilkada aman selama proses pemungutan suara. 

Kategori :