Bupati Mahulu: Kampung dan Kecamatan Sebagai Ujung Tombak Pembangunan

Rabu 09-10-2024,20:22 WIB
Reporter : Teodorus Usman Wanto
Editor : Baharunsyah

MAHULU, NOMORSATUKALTIM – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu), Bonifasius Belawan Geh menegaskan pentingnya pembangunan infrastruktur fisik. Seperti jalan, jembatan dan fasilitas umum lain karena sangat dibutuhkan masyarakat.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan visi Kabupaten Mahulu. Yakni Membangun Mahulu untuk semua, sejahtera, dan Berkeadilan. 

Ini disampaikannya saat membuka kegiatan monitoring dan evaluasi pembangunan dalam wilayah Kecamatan Laham dan Kecamatan Long Hubung, di Lamin Adat Kampung Long Hubung, Rabu (9/10/2024).

BACA JUGA:Jelang Akhir Masa Jabatan, Bupati Mahulu Terima Aspirasi dari Masyarakat Adat

BACA JUGA:Sekda Mahulu Paparkan Progres Rencana Aksi Daerah di Rapat Paripurna

Namun  menurutnya, pembangunan tentu tidak hanya terbatas pada aspek fisik saja. Melainkan juga peningkatan kualitas sumber daya manusia, ekonomi dan sosial secara berkelanjutan. Itu juga merupakan bagian integral dari visi pembangunan Mahulu.

“Kampung dan kecamatan sebagai perpanjangan tangan pemerintah kabupaten memegang peran penting dalam mewujudkan pembangunan yang tepat sasaran,” kata Bonifasius.

Ia juga mengajak seluruh masyarakat untuk berperan aktif dan bersinergi dalam mensukseskan program-program pembangunan yang benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat setempat.

Baginya, kelancaran proses pembangunan sangat membutuhkan peran aktif dan dukungan dari masyarakat.

BACA JUGA:Bupati Mahulu Minta Masyarakat Dukung Programnya, Termasuk Urusan Pilkada 2024

BACA JUGA:Pemuda Katolik Mahulu Sosialisasi Bahaya Pernikahan Dini kepada Pelajar

“Monitoring dan evaluasi ini adalah kunci untuk mengukur efektivitas program, serta untuk memperbaiki kekurangan yang ada,” jelasnya.

Tak lupa ia juga mengapresiasi para petinggi kampung dan jajaran yang telah menjalankan roda pemerintahan dengan baik sejak 2017.

Utamanya terkait peningkatan status Indeks Desa Membangun (IDM) di Mahulu menjadi bukti nyata dari kerja keras dan dedikasi mereka.

“Saya berharap setiap kampung untuk mengidentifikasi dan mengembangkan potensi sumber daya alam serta manusia, terutama di sektor pertanian seperti padi lahan kering, guna meningkatkan pendapatan,” serunya.

Kategori :