8 Kali Ground Breaking, Nilai Investasi di IKN Tembus Rp58,41 Triliun

Selasa 08-10-2024,12:03 WIB
Reporter : Yos Setiyono
Editor : Yos Setiyono

NUSANTARA, NOMORSATUKALTIM - Secara bertahap investor demi investor menanamkan modalnya di Ibu Kota Nusantara (IKN). Sejak dibangun hingga September 2024, tercatat sudah ada 8 kali groundbreaking pembangunan di Ibu Kota Nusantara yang dilakukan oleh investor. 

 

Ground breaking investasi yang dilakukan pun dari berbagai sektor. Mulai dari hotel, hunian, ritel dan logistik, perkantoran, pendidikan, kesehatan, energi dan transportasi, area hijau, perbankan hingga media dan teknologi. 

 

Staf Khusus Kepala Otorita IKN Bidang Komunikasi Publik Troy Pantouw menyebutkan investasi yang dilakukan terdiri dari investasi perusahaan lokal baik BUMN ataupun swasta, hingga investasi dari perusahaan asing. 

 

Ditambahkannya perusahaan swasta hadir dominan di beberapa sektor seperti hotel, hunian, pendidikan, kesehatan dan area hijau.

Troy pun menyebut pelaksanaan kegiatan ground breaking hingga ke delapan kali ini menjadi tanda jika kehadiran IKN diminati oleh investor. 

BACA JUGA: Presiden Joko Widodo akan Kembali Lakukan Groundbreaking di IKN dalam Waku Dekat (disway.id)

"Setiap harinya, letter of intent atau surat pernyataan minat untuk melakukan investasi di IKN bertambah. Ini menandakan jika ada kepercayaan dan optimisme dari para investor terhadap pembangunan IKN," kata Troy dalam pernyataan resminya. 

Secara keseluruhan, Troy menyebutkan total estimasi nilai investasi dari groundbreaking tahap 1 hingga 8 adalah Rp58,41 triliun.

Saat ini beberapa pembangunan yang dilakukan oleh para investor pun sudah selesai dan bahkan beroperasi. 

"Belum lama ini Swissotel Nusantara secara resmi sudah beroperasi. Dan beberapa progres pembangunan dari para investor seperti pembangunan rumah sakit sangat menggembirakan," lanjut Troy. 

BACA JUGA: Menhub akan Lakukan Uji Coba Pendaratan dengan Pesawat yang Lebih Besar di Bandara IKN (disway.id)

Plt Wakil Kepala OIKN, Raja Juli Antoni menyebutkan total ada 61 letter of intent untuk melakukan investasi di IKN dengan nilai total Rp80,4 triliun. Hal ini pun masih terus dalam pembahasan. 

Kategori :