Bupati Mahulu Usulkan Pembangunan SMK Negeri di Kampung Long Pahangai

Senin 07-10-2024,22:02 WIB
Reporter : Teodorus Usman Wanto
Editor : Baharunsyah

MAHULU, NOMORSATUKALTIM – Bupati Mahakam Ulu (Mahulu) Bonifasius Belawan Geh menyambut baik rencana Pemprov Kaltim membangun gedung SMK Negeri di kabupaten termuda tersebut.

Ia menilai, rencana tersebut tentu memiliki dampak positif terhadap kemajuan pembangunan di Mahulu, terutama di bidang pendidikan.

“SMK negeri itu kan kewenangan provinsi ya. Artinya sepanjang provinsi mau bangun, ya kita welcome aja, siapkan lahannya,” ucap Bonifasius kepada NOMORSATUKALTIM, Senin (7/10/202).

BACA JUGA:Pemuda Katolik Mahulu Sosialisasi Bahaya Pernikahan Dini kepada Pelajar

BACA JUGA:Long Lunuk dan Long Pahangai jadi Opsi Tempat Pembangunan SMK Negeri di Mahulu

Meski pun lokasi yang akan dibangunkan gedung sekolah tersebut belum ada ketetapan. Namun Bonifasius menyarankan agar dapat dibangun di Kampung Long Pahangai yang merupakan pusat ibu kota kecamatan Long Pahangai.

“SMK itu idealnya di pusat kecamatan, karena pasti banyak orangnya, terus infrastruktur nya sudah mumpuni, listrik dan lainnya. Jadi harus di kawasan ibu kota kecamatan,” ujarnya.

Disinggung terkait Kampung Long Lunuk yang nantinya dijadikan lokasi ibu kota kecamatan baru.

BACA JUGA:Pemkab Mahulu Gelar Diklat Pendidikan Inklusif, Libatkan 86 Guru PAUD Dari 78 Sekolah

BACA JUGA:Kafilah Asal Mahulu Tampilkan Kendaraan Berbentuk Speedboat di Pawai MTQ Nasional XXX

Menurut Bonifasius, jika SMK Negeri tersebut dibangun di Kampung Long Lunuk, maka yang dikhawatirkan daya dukungannya masih kurang, apalagi di kampung tersebut jaringan internet dan listriknya belum 24 jam.

Sehingga menurutnya, Kampung Long Pahangai menjadi lokasi yang tepat untuk dibangunkan gedung sekolah tersebut.

“Kalau mau dipilih, di Long pahangai kalau saya, karena jaringan di situ sudah bagus, listriknya 24 jam. Jadi keperluan untuk mendukung aktivitas sekolah itu lebih bagus di situ,” imbuhnya.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltim melaksanakan survei langsung ke lokasi yang bakal dibangunkan gedung SMK Negeri itu. 

Terdapat 2 lokasi yang disurvei yakni, di Kampung Long Lunuk dan Kampung Long Pahangai.

Kategori :