Pemkab PPU Siap Tunjang Infrastruktur Sekitar Bandara VVIP IKN

Senin 07-10-2024,20:10 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Baharunsyah


Banner 2, Pemkab PPU-Reza-nomorsatukaltim.disway.id

PPU, NOMORSATUKALTIM – Bandara VVIP IKN, di Kelurahan Pantai Lango, Kecamatan Penajam, telah dilakukan oleh pendaratan oleh pesawat kepresidenan beberapa waktu lalu. Momen itu tentunya jadi tonggak sejarah bagi masyarakat PPU.

Penjabat (Pj) Bupati PPU, Muhammad Zainal Arifin, mengatakan, meski berada di bawah Otorita IKN, namun untuk mendukung sarana dan prasarana penunjang dalam perwujudan dan operasional, bakal bersinergi pembangunan perkembangan ke depannya.

"Dorongan dari kita (Pemerintah Kabupaten PPU) akan lebih koordinasikan terkait infrastruktur untuk menunjang Bandara VVIP IKN Nusantara," kata Muhammad Zainal Arifin, saat diwawancarai belum lama ini.

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo akan Kembali Lakukan Groundbreaking di IKN dalam Waku Dekat

BACA JUGA:Menhub akan Lakukan Uji Coba Pendaratan dengan Pesawat yang Lebih Besar di Bandara IKN

Bandara VVIP IKN secara administrasi berada di wilayah Benuo Taka. Tentunya untuk mendukung infrastruktur penunjang, Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tidak dapat bekerja sendiri.

Dikarenakan berada dibawah Otorita IKN dan adanya kegiatan yang kucurannya dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia.

"Karena bandara wilayah IKN dan Kementerian PUPR punya anggaran untuk masuk di sana (bandara), sehingga kita harus sinkronisasi," terangnya.

Dorongan dukungan dari daerah yang kini juga dikenal dengan nama Serambi Nusantara dapat berupa jalan lingkungan maupun Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah sekitar Bandara VVIP IKN Nusantara.

BACA JUGA:Begini Penampakan Asrama Training Center PSSI di IKN

Nantinya bisa saja dilakukan sharing anggaran, bagian mana pada infrastruktur penunjang yang didanai melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Karena bandara standarnya sudah internasional, jadi kami harus juga menyesuaikan dengan standar-standar yang dibutuhkan," jelas Zainal.

Dirinya mengharapkan dengan adanya bandara, masyarakat yang ada sekitar lokasi dan umumnya Kabupaten Penajam Paser Utara juga dilibatkan secara aktif, tak hanya menjadi objek.

Tetapi jadi subjek dari pembangunan dari proyek strategis nasional itu. Seperti dengan prioritas pekerjanya dari warga PPU. Selain itu, pihaknya mengupayakan produk-produk olahan masyarakat atau hasil industri rumahan dapat dipajang dan dijual di bandara.

Kategori :