Jokowi Singgung Perkembangan Iptek di HUT TNI ke-79

Sabtu 05-10-2024,10:37 WIB
Editor : Didik Eri Sukianto

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyinggung perkembangan iptek yang semakin cepat.

Oleh karena itu, Jokowi meminta TNI harus lebih beradaptasi dengan ancaman siber yang semakin berbahaya. Hal itu disampaikan Jokowi saat menjadi inspektur upacara HUT TNI ke-79.

"Tantangan ke depan memang tidak semakin mudah, Iptek berkembang semakin cepat, ancaman siber semakin berbahaya, tensi geopolitik semakin memanas," kata Jokowi dalam amanatnya di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (5/10/2024).

Jokowi melanjutkan, belum lagi perang yang tidak hanya konvensional tapi juga perang ekonomi dan perang dagang, itu semua harus disikapi dengan kesiapsiagaan dan kewaspadaan.

BACA JUGA: Jokowi Tegaskan IKN Adalah Keputusan Seluruh Rakyat

BACA JUGA: 13 Zona Megathrust Kelilingi Indonesia, BMKG Ingatkan Potensi Ancaman ini

Presiden juga meminta TNI mengikuti perkembangan zaman dan beradaptasi dengan perubahan. Selain itu, ia juga meminta agar TNI meningkatkan kapasitas dan profesionalitas.

"Oleh karena itu TNI harus terus memperbaiki diri, terus mengikuti perkembangan jaman, terus beradaptasi dengan perubahan perubahan yang ada, termasuk meningkatkan kapasitas dan profesionalitas," ujarnya dikutip DISWAY.ID.

Namun demikian, jelasnya, TNI  tidak bisa bekerja sendirian, kolaborasi kerja sama dengan berbagai pihak sangat penting baik dengan institusi penegak hukum untuk menjaga stabilitas, dengan perguruan tinggi untuk hal yang berkaitan dengan iptek maupun pelaku pelaku industri untuk pengembangan industri pertahanan dalam negeri.

Presiden Jokowi hadir bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Pertahanan sekaligus Presiden Terpilih Prabowo Subianto, hingga Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka.

BACA JUGA: KPK Membantah Ada Motif Politik di Balik Pengusutan Kasus IUP yang Menjerat Awang Faroek

BACA JUGA: Kafe dan Resto Mulai Menjamur di Kawasan Pantai PPU, Kehadiran IKN Belum Berpengaruh

Diketahui, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menyelenggarakan hari jadinya ke-79 di lapangan Silang Monas, Jakarta Pusat pada Sabtu, 5 Oktober 2024.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI, Mayjen TNI Hariyanto mengatakan, total alutsista rantis yang diturunkan di HUT ke-79, berjumlah 1.059 rantis dan mobil antik. (DISWAY.ID)

Kategori :