Inilah Anggota DPR dan DPD RI Tertua hingga Termuda yang Bakal Dilantik Hari Ini

Selasa 01-10-2024,11:01 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM — Sebanyak 580 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akan resmi dilantik hari ini, Selasa (1/10/2024), di Gedung Nusantara, Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta. 

Sidang pelantikan dijadwalkan dimulai pukul 09.00 WIB, menandai awal masa jabatan anggota DPR dan DPD RI periode 2024-2029. 

Ketua DPR RI, Puan Maharani, sebelumnya telah mengonfirmasi bahwa anggota DPR RI hasil Pemilu 2024 akan mengucapkan sumpah janji di hadapan sidang paripurna Dewan. 

"Selamat bertugas kepada anggota DPR RI periode 2024-2029, dan bagi anggota DPR yang belum terpilih kembali, selamat bekerja dan mengabdikan diri di tempat tugas yang baru," ujar Puan.

BACA JUGA: Hasil Audit di Kampung Long Hurai, Inspektorat Mahulu Akui Penyelewengan Anggaran

BACA JUGA: Bawaslu Kukar Beri Deadline OPD Segera Turunkan Atribut Salah Satu Paslon

Sidang paripurna terakhir untuk DPR periode 2019-2024 sendiri telah berlangsung sehari sebelumnya, pada Senin (30/9/2024).

Anggota DPR dan DPD RI Tertua hingga Termuda

Di antara ratusan anggota Dewan yang dilantik, sejumlah nama menonjol berdasarkan usia mereka, baik yang termuda maupun tertua. 

Untuk anggota DPR RI, Annisa MA Mahesa dari Partai Gerindra, daerah pemilihan Banten II, tercatat sebagai anggota termuda dengan usia 23 tahun 2 bulan 15 hari. 

Disusul oleh Muhammad Rohid dari Partai Gerindra, daerah pemilihan Riau II, dan Cindy Monica Salsabila Setiawan dari Partai NasDem, daerah pemilihan Sumatera Barat II, yang sama-sama berusia 24 tahun 10 bulan 14 hari.

BACA JUGA: Honor Kader Posyandu di PPU Diupayakan ada Kenaikan

BACA JUGA: Pembangunan IKN Jadi Peluang Samarinda Tekan Angka Pengangguran

Di sisi lain, Zulfikar Achmad dari Partai Demokrat, daerah pemilihan Jambi, adalah anggota DPR RI tertua dengan usia 78 tahun 4 bulan 15 hari.

Guntur Sasono dari Partai Demokrat, daerah pemilihan Jawa Timur VIII, mengikuti dengan usia 78 tahun 2 bulan 30 hari. 

Sedangkan Kahar Muzakir dari Partai Golkar, daerah pemilihan Sumatera Selatan I, berada di posisi ketiga dengan usia 77 tahun 9 bulan 21 hari.

Kategori :