Ramalan Cuaca Kaltim, 1 Oktober 2024, Cek di Sini!

Selasa 01-10-2024,06:01 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait potensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang di beberapa wilayah Kalimantan Timur (Kaltim). 

"Peringatan Dini! Waspada Hujan Lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Kab. Kutai Kartanegara, Kab. Kutai Timur, Kab. Paser, Kab. Penajam Paser Utara, Kota Balikpapan, Kota Samarinda," demikian rilis BMKG, pada Selasa (1/10/2024).

Dalam pernyataan resminya, BMKG mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap cuaca ekstrem yang dapat memicu bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, khususnya di daerah rawan. 

Selain itu, prakiraan cuaca Kalimantan Timur untuk hari ini menunjukkan bahwa sebagian besar wilayah akan mengalami cuaca berawan tebal sepanjang hari. 

BACA JUGA: Kuasa Hukum Paslon 03 Ajukan Perbaikan Sengketa Pilkada Kukar 2024

BACA JUGA: Bawaslu Kukar Beri Deadline OPD Segera Turunkan Atribut Salah Satu Paslon

Wilayah seperti Sendawar, Long Bagun, Tanjung Redeb, dan Balikpapan diperkirakan akan mengalami hujan ringan pada sore atau malam hari. 

Suhu udara di wilayah ini berkisar antara 20 hingga 32 derajat Celcius dengan tingkat kelembaban yang mencapai 100 persen di beberapa daerah. 

Masyarakat diimbau untuk terus memantau informasi cuaca dari BMKG guna menjaga keselamatan dan mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem.

Detail ramalan cuaca Kaltim hari ini bisa disimak pada daftar di bawah ini:

BACA JUGA: Hasil Audit di Kampung Long Hurai, Inspektorat Mahulu Akui Penyelewengan Anggaran

BACA JUGA: Polisi Tangkap 2 Remaja yang Ketahuan Membawa Tembakau Sintetis

Ramalan Cuaca Kalimantan Timur 

Selasa, 1 Oktober 2024

1. Samarinda 

- Pagi: berawan tebal

- Siang: berawan tebal

Kategori :