PT Berau Coal Borong Penghargaan di Good Mining Practices (GMP) Awards Tahun 2024

Minggu 29-09-2024,21:10 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Baharunsyah

JAKARTA, NOMORSATUKALTIM - PT Berau Coal mendapatkan penghargaan pada kegiatan Good Mining Practices (GMP) Awards tahun 2024.

Kegiatan ini dipersembahkan oleh Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Hotel Bidakara, Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Pada kegiatan ini, PT Berau Coal berhasil meraih penghargaan tingkat utama pada Pengelolaan Standarisasi dan Usaha Jasa Pertambangan Mineral dan Batubara kelompok Pengelola Perusahaan Jasa Pertambangan.

Adapun pada tingkat aditama, PT Berau Coal menerima penghargaan sekaligus menerima trofi sebagai best of the best Pengelolaan Teknis Pertambangan Mineral dan Batubara kelompok Pemegang Perizinan Berusaha Komoditas Batubara.

Kemudian, penghargaan sekaligus trofi sebagai best of the best Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara kelompok Badan Usaha Pemegang PKP2B, IUPK sebagai Kelanjutan Operasi Kontrak atau Perjanjian IUP BUMN dan IUP PMA Komoditas Batubara.

Lalu, piagam penghargaan tingkat aditama pada Pengelolaan Lingkungan Hidup Pertambangan Mineral dan Batubara kelompok Pemegang Perjanjian Karya Perusahaan Pertambangan Batubara Izin Usaha Pertambangan Khusus, Izin Usaha Pertambangan Khusus sebagai Kelanjutan Operasi Kontrak atau Perjanjian Komoditas Batubara,

serta piagam penghargaan pada Pengelolaan Konservasi Mineral dan Batubara kelompok Pemegang Perizinan Berusaha Komoditas Batubara.

Terakhir, PT Berau Coal juga mendapatkan Piagam Penghargaan Prestasi Pemenang Terbaik Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan yang Baik kelompok Perusahaan Pertambangan Komoditas Batubara.

Sebagai informasi, penghargaan peringkat tertinggi pada kegiatan ini yaitu penghargaan tingkat aditama, yang bersimbol emas, peringkat kedua yaitu penghargaan tingkat utama, bersimbol perak, dan penghargaan peringkat ketiga yaitu penghargaan tingkat pratama, yang bersimbol perunggu.

Direktur Jenderal Mineral dan batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Tri Winarno mengucapkan selamat dan apresiasi kepada seluruh pemenang pada kegiatan GMP Awards tahun 2024 tersebut. Dimana, acara penyerahan penghargaan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar tiap tahunnya sejak tahun 2020 lalu.

"Kegiatan ini merupakan yang kelima kalinya sejak tahun 2020 dalam rangka memberikan penghargaan untuk 5 aspek Penerapan Kaidah Teknik Pertambangan Yang Baik,'' ujarnya.

Dikatakannya, penyerahan penghargaan ini merupakan rangkaian kegiatan penilaian terhadap kinerja dan keberhasilan dalam penerapan kaidah teknik pertambangan yang baik pada kegiatan usaha pertambangan mineral dan batubara.

Adapun maksud dan tujuannya, kata dia, untuk memberikan apresiasi kepada perusahaan pertambangan pemegang PKP2B, IUP, IUPK maupun perusahaan pertambangan jasa IUJP yang berprestasi dalam menerapkan kaidah teknik pertambanga batubara yang baik.

Ia berharap, kegiatan ini dapat menambah motivasi kepada seluruh pelaku kegiatan usaha pertambagan untuk tetap melaksanakan operasional kegiatan pertambangan sesuai dengan prinsip-prinsip penerapan kaidah yang baik serta menjadi tolak ukur bagi pemerintah atas keberhasilan dalam pembinaan dan pengawasan aspek teknis dan lingkungan terhadap kegiatan usaha pertambagan mineral dan batubara.

"Kegiatan penyerahan penghargaan di tahun ini dilaksanakan atas dasar penilaian yang dilakukan oleh tim penilai yang kompeten dan profesional di bidangnya,'' jelasnya.

Kategori :