Hasil Muktamar VI PKB: Cak Imin Tetap Ketua Umum, Ma'ruf Amin Ketua Dewan Syura

Minggu 25-08-2024,07:04 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

BALI, NOMORSATUKALTIM – Muktamar VI Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang digelar di Bali pada 24-25 Agustus 2024 telah menetapkan Muhaimin Iskandar, atau yang akrab disapa Cak Imin, sebagai Ketua Umum PKB untuk periode 2024-2029.

Penetapan ini dilakukan dalam Sidang Pleno Ke-4 setelah 38 Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) secara aklamasi mengusulkan dan meminta Cak Imin untuk kembali memimpin partai berlogo tawon tersebut.

Dilansir dari Antara, proses penetapan Cak Imin sebagai ketua umum berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center, Kabupaten Badung, Bali, pada Sabtu (25/8). 

Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid yang memimpin sidang pleno ke-4 ini mengajukan pertanyaan kepada forum untuk memberikan mandat kepada Cak Imin. 

BACA JUGA: Edi-Rendi Resmi Didukung PDIP di Pilkada Kukar, Sisa Empat Daerah Lagi 

BACA JUGA: Esport PWI Kaltim Sumbang Medali Lagi di Porwanas XIV Kalsel

“Saya meminta pendapat forum untuk memberikan mandat kepada Abdul Muhaimin Iskandar sebagai Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Kebangkitan Bangsa masa bakti 2024-2029 sekaligus mandatoris tunggal Muktamar PKB 2024. Apakah dapat disetujui?” tanya Jazilul, yang kemudian dijawab dengan serempak oleh peserta muktamar dengan kata “setuju.”

Sebelumnya, dalam sidang pleno yang sama, Cak Imin sempat dimintai kesediaannya untuk kembali memimpin partai oleh Jazilul. 

Cak Imin mengungkapkan bahwa dirinya sempat mempertanyakan regenerasi kepemimpinan di PKB kepada beberapa kerabatnya, tetapi mendapatkan saran untuk menanyakan langsung kepada Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB di seluruh Indonesia. 

Ketika Cak Imin menanyakan kepada peserta muktamar mengenai kesediaan mereka untuk dipimpin kembali olehnya, para muktamirin serentak menyatakan dukungan mereka dengan teriakan “lanjutkan, lanjutkan, lanjutkan.” 

BACA JUGA: Di Luar Nalar, Anak Bunuh Ibu Kandung di Balikpapan

BACA JUGA: Polemik Surat Undangan HUT RI di IKN, Kesbangpol Kukar Minta Maaf ke Sultan

Akhirnya, Cak Imin menyatakan kesediaannya untuk memimpin PKB pada periode 2024-2029.

Ma'ruf Amin Ketua Dewan Syura

Selain menetapkan Cak Imin sebagai Ketua Umum, Muktamar VI PKB juga menetapkan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sebagai Ketua Dewan Syura PKB untuk periode yang sama. 

Kategori :