Operasi Mantap Praja Pilkada Kukar Berlangsung Sampai Tahun Depan

Sabtu 24-08-2024,19:47 WIB
Reporter : Ari Rachiem
Editor : Baharunsyah

KUKAR, NOMORSATUKALTIM – Kepolisian Resor (Polres ) Kukar menggelar Operasi Mantap Praja Mahakam selama 126 hari, guna memastikan kesiapan personel dan peralatan dalam pengamanan Pilkada 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung Kapolres Kukar, AKBP Heri Rusyaman. Ia menegaskan pentingnya kesiapan semua pihak dalam menjaga keamanan Pilkada 2024. Ia juga mengingatkan bahwa Pilkada merupakan momen krusial bagi demokrasi Indonesia, yang membutuhkan partisipasi aktif dari seluruh masyarakat.

“Pilkada adalah pesta demokrasi yang menunjukkan kedewasaan demokrasi Indonesia dan menentukan masa depan bangsa. Semua elemen bangsa harus berperan penuh untuk menyukseskan Pilkada 2024,” ucap Kapolres.

BACA JUGA:Sempat Viral, Maling Pakaian Dalam Wanita di Loa Janan Akhirnya Diringkus Polisi

Adapun Operasi Mantap Praja Mahakam 2024-2025 akan berlangsung selama 126 hari. Mulai 26 Agustus hingga 16 Desember 2024.

Operasi ini melibatkan 635 personel dari Polres Kukar, didukung oleh Polda Kaltim, serta partisipasi dari TNI, Dishub, Satpol PP, BPBD, dan PMI menjadi satu pintu terpadu disebut Command Center.

Adapun Command Center menurut Heri juga berperan aktif dalam mengintegrasikan data dan memantau situasi di masyakarat secara langsung di lapangan.

BACA JUGA:Tak Laporkan LHKPN, Golkar Kukar Segera Proses PAW Nur Wahidah

Sebagai langkah pengamanan, Polri bersama TNI dan instansi terkait menggelar kegiatan cooling system untuk mencegah polarisasi akibat hoaks, isu SARA, propaganda, dan kampanye hitam.

Satgas Anti Money Politics dan Satgas Pilkada Damai juga diaktifkan untuk menjaga integritas Pilkada.

Kapolres Kukar menekankan pentingnya sinergi antar instansi serta antisipasi terhadap potensi kerawanan, termasuk bencana alam dan ancaman terorisme.

BACA JUGA:Polemik Surat Undangan HUT RI di IKN, Kesbangpol Kukar Minta Maaf ke Sultan

“Operasi Mantap Praja Mahakam 2024-2025 juga didukung oleh strategi komunikasi publik yang kuat, guna memberikan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat agar tetap menjaga persatuan bangsa,” pungkas Kapolres.

Kategori :