Tiga Hari Hilang, Buruh asal Jateng Ditemukan Tak Bernyawa di Sungai Belayan

Kamis 18-07-2024,07:34 WIB
Reporter : Ari Rachiem
Editor : Hariadi

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Seorang Buruh asal Jawa Tengah sempat dinyatakan hilang di Perairan Sungai Belayan, Tabang Kutai Kartanegara, pada Senin, 15 Juli 2024.   

Tiga hari kemudian, tepatnya pada Rabu, 17 Juli 2024, tim Basarnar Pos SAR Samarinda akhirnya menemukan Arto Tri Utomo (24) dalam keadaan tak bernyawa.

Jenazah buruh angkut sembako asal Jawa Tengah (Jateng) tersebut kemudian dievakuasi menggunakan Ambulans PMI Kecamatan Tabang ke rumah duka, di Loa Duri.

BACA JUGA: Breaking News! Siswa SMP Terseret Arus di Pantai Monpera Balikpapan

Personel tim SAR, Riqi Efendi menyatakan bahwa pada hari Senin, 15 Juli 2024, pukul 08.00 WITA, pihaknya mendapat laporan orang tenggelam di Pelabuhan Ferry, Desa Sidomulyo. 

Berdasarkan keterangan dari saksi, Razia Saputro, peristiwa ini bermula dari sebuah ferry tradisional yang berlayar dari pelabuhan Desa Bilatalang dengan tujuan pelabuhan Desa Sidomulyo. 

Korban merupakan satu dari dua buruh angkut di kapal yang mengangkut sembako dan 1 unit pickup, Isuzu Traga KT 8258 OU tersebut.

BACA JUGA: Pacaran Modal Bakwan, Saat Hamil 2 Bulan Malah Dianiaya

Saat kapal hendak bersandar, pada jaraknya kurang lebih 50 meter dari tepi Pelabuhan Ferry Desa Sidomulyo, korban bersama rekannya melompat ke air.

“Kedua buruh angkut sembako tersebut bermaksud ingin mandi ke Sungai Belayan dengan cara melompat dari depan kapal ferry. Selanjutnya berenang ke tepian sungai,” ucap Riqi, pada 17 Juli 2024.

Setelah korban tiba di tepi sungai, korban hendak kembali ke arah kapal dengan cara meraih ban yang berada di samping kapal ferry. Namun nahas, pegangan korban terlepas, sehingga terbawa arus sungai dan akhirnya tenggelam.

BACA JUGA: PDI-Perjuangan jadi Penentu Pilgub, Safaruddin: Saya Mendukung Isran-Hadi

Peristiwa ini kemudian dilaporkan ke petugas keamanan dan diteruskan ke Basarnas.

Pada pukul 22.50 Wita, Kantor Pencarian dan Pertolongan Balikpapan memberangkatkan satu tim Rescue Pos SAR Samarinda menuju lokasi kejadian. 

Tim tersebut berkoordinasi dengan unsur terkait dan melaksanakan pencarian. 

Kategori :