Banjir Rendam MT Haryono dan Sekitarnya saat Hujan Lebat Mengguyur Balikpapan

Selasa 09-07-2024,11:08 WIB
Reporter : Chandra
Editor : Hariadi

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Hujan deras yang mengguyur Kota Balikpapan, sejak Selasa dini hari (9/7/2024), menyebabkan banjir di beberapa lokasi. 

Berdasarkan pantauan Nomorsatukaltim di lokasi, beberapa kawasan yang terendam banjir di antaranya Jalan MT Haryono, Jalan MT Haryono Dalam, serta Jalan Beller. 

Banjir yang menggenangi sejumlah jalan arteri di Kota Balikpapan ini sempat menimbulkan kemacetan lalu lintas yang cukup panjang. Apalagi banjir terjadi bersamaan dengan masyarakat Kota Minyak yang sedang memulai aktivitas rutin.

BACA JUGA: Ramalan Cuaca Kaltim, 9 Juli 2024, Waspada Hujan Angin!

Sementara itu, pemukiman di sekitar Jalan Mayor Pol. Zainal Arifin, Kelurahan Damai, atau yang dikenal dengan Jalan Beller, menjadi salah satu daerah terparah. 

Hujan deras dengan intensitas tinggi dan waktu yang lama, menyebabkan genangan air yang cukup tinggi di area ini.

Pada pukul 08.45 Wita, banjir di Beller mencapai kedalaman paha orang dewasa. Banyak pengendara yang memilih untuk berbalik arah, sementara beberapa lainnya tetap melanjutkan perjalanan melalui genangan air tersebut.

Selanjutnya, sekitar pukul 09.25 Wita, genangan air mulai surut hingga setinggi betis orang dewasa. 

BACA JUGA: Kecelakaan Maut di Tenggarong Sebrang, Dua Pemuda Meninggal di Tempat

Salah seorang relawan yang berada di lokasi, Daud, menyebutkan bahwa arus air di cukup deras sehingga berbahaya bagi anak-anak yang bermain di sekitar genangan air.

Sementara itu, Lurah Damai, Kanti Suharjo, menjelaskan bahwa banjir ini berdampak pada tiga RT, yaitu RT 32, 31, dan 14. 

Banjir pagi ini juga menyebabkan tumpukan sampah yang terbawa arus, terutama saat kedalaman air mencapai paha orang dewasa.

"Syukurlah tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini," ujar Kanti Suharjo. 


Genangan banjir akibat hujan deras, di kawasan sekitar Beller, Balikpapan Kota, Selasa (9/7/2024).-(Ist./Nomorsatukaltim)-

BACA JUGA: Mendag Curigai Kaos Impor Harga Rp50 Ribu: Nggak Betul Cara Masuknya

Kategori :