Hindari Penggunaan Password 'Admin#1234', Agar Tidak Mudah Dibobol Seperti PDNS 2

Sabtu 06-07-2024,12:00 WIB
Reporter : Hariadi
Editor : Hariadi

Hindari menggunakan informasi pribadi seperti nama, tanggal lahir, atau kata-kata yang mudah ditebak. Informasi ini mudah diakses oleh orang lain dan dapat digunakan untuk menebak password Anda.

3. Gunakan Password yang Panjang

Semakin panjang password, semakin sulit untuk ditebak. Idealnya, password harus memiliki setidaknya 12 karakter.

BACA JUGA: Ternyata Ini Faktor Penyebab Masyarakat Kecanduan Judi Online

4. Gunakan Manajer Password

Manajer password dapat membantu Anda membuat dan menyimpan password yang kuat dan unik untuk setiap akun. Ini mengurangi risiko menggunakan password yang sama untuk beberapa akun.

5. Perbarui Password Secara Berkala

Mengganti password secara berkala dapat mengurangi risiko kebocoran data. Pastikan untuk mengganti password Anda setiap beberapa bulan sekali.

6. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah menambah lapisan keamanan ekstra dengan meminta kode tambahan yang dikirim ke perangkat Anda saat login.

BACA JUGA: Banyak yang Belum Tahu, Lalat Ternyata Benci Warna Kuning

 

Jangan Abaikan Keamanan Digital!

Penting bagi pemerintah dan lembaga terkait untuk terus memberikan edukasi mengenai pentingnya keamanan digital, termasuk penggunaan password yang kuat. 

Selain itu, organisasi perlu memastikan bahwa sistem keamanan mereka selalu diperbarui dan dilengkapi dengan teknologi terbaru untuk mengurangi risiko kebocoran data.

Dalam konferensi pers yang digelar beberapa hari lalu, Menko Polhukam Hadi Tjahjanto mengungkapkan bahwa hasil forensik telah memberikan sedikit titik terang mengenai serangan ke PDNS 2. 

Kategori :