Kampung Long Tuyoq Surga Tersembunyi, Kini Berusia 120 Tahun

Minggu 16-06-2024,07:43 WIB
Reporter : Teodorus Usman Wanto
Editor : Hariadi

Anda tentunya tidak perlu takut. Sebab tujuan anda bukan untuk menantang riam, melainkan untuk menikmati suasana di Kampung Long Tuyoq.

Beberapa menit setelah melewati dua riam tersebut, anda bersiap-siap menikmati suasana Kampung Long Tuyoq.

Di Kampung ini, pengunjung bisa menyaksikan budaya masyarakat setempat. Seperti tarian khas Suku Dayak serta kehidupan keseharian mereka.

BACA JUGA: Agar Objek Wisata Telaga Biru Tidak Memakan Korban Jiwa Lagi, Warga Gelar Ritual Tolak Bala

Kemudian melihat langsung suasana keaslian hutan-hutan adat yang dialiri sungai-sungai kecil yang merupakan anak dari Sungai Mahakam. Anak-anak sungai ini masing-masing dijaga oleh peraturan adat yang ketat dalam hal pengelolaan hasil perikanannya.

Selamat berkunjung ke kampung ini. Hati-hati dalam perjalanan serta nikmati perjalanan dan keindahan alam di Long Tuyoq.


Tarian adat digelar untuk memeriahkan ulang tahun ke-120 Kampung Long Tuyoq, Kecamatan Long Pahangai, Kabupaten Mahakam Ulu (Mahulu), Kaltim. -(Disway Kaltim/ Iswanto)-

Kampung Long Tuyoq Ulang Tahun ke 120

Sabtu (15/6/2024), Pemerintah kampung Long Tuyoq bersama masyarakat adat setempat melaksanakan acara syukuran ulang tahun kampung Long Tuyoq ke 120.

Acara syukuran itu berlangsung selama satu Minggu ke depan atau berakhir pada tanggal 22 Juni 2024. 

Kemudian, syukuran ulang tahun kampung Long Tuyoq ini dilaksanakan lima tahun sekali, melibatkan seluruh masyarakat kampung serta mengundang Pemkab Mahulu.

BACA JUGA: Duta Wisata Emban Tugas Sebagai Pionir Promosi Pariwisata Paser

"Acara syukuran ulang tahun ini kami laksanakan setiap lima tahun sekali. Ini kita laksanakan selama satu minggu dan akan diisi dengan beberapa kegiatan adat," ungkap Petinggi Kampung Long Tuyoq, Alexander Ajang Blawing.

Pemerintah kampung sangat mendukung terlaksananya syukuran ulang tahun ke 120 Kampung Long Tuyoq. Melalui acara tersebut, tentunya sebagai momentum untuk melestarikan adat dan budaya, termasuk mempererat tali persaudaraan.


Salah satu air terjun di pinggir Sungai Mahakam, dapat dilihat saat hendak ke Long Tuyoq.-(Ist./Nomorsatukaltim)-

Pemkab Mahulu Beri Apresiasi

Kategori :