Kukar Targetkan 20 Festival Setahun, Komitmen Bupati sebagai Mitra IKN

Kamis 13-06-2024,13:46 WIB
Reporter : Ari Rachiem
Editor : Devi Alamsyah


banner diskominfo kukar-ist-

KUKAR, NOMORSATUKALTIM - Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono Kasnu, menjelaskan tentang Program Kukar Kaya Festival ketika Dialog Kota Raja, baru-baru ini.

Menuurutnya, melalui Program Kukar Kaya Festival, Bupati dan Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah dan Rendi Solihin ingin menunjukkan komitmennya sebagai Mitra Ibu Kota Nusantara (IKN).

Program Kukar Kaya Festival juga merupakan program yang khusus dibuat untuk bersinergi dengan budaya Kutai Kartanegara yang sangat kaya.

Pemkab Kukar, kata dia, memprogram di daerahnya sendiri, minimal dalam setahun harus ada 20 festival.

Untuk diketahui, Kukar Kaya Festival memiliki misi untuk menghadirkan 100 festival seni dan budaya tingkat kecamatan dan kabupaten. Bukan sekedar seni pertunjukan, Kukar Kaya Festival juga menyasar segmen budaya, olahraga, keagamaan hingga festival UMKM.

Yang semuanya itu, kata Sunggono, didesain untuk memiliki efek domino terhadap ekonomi kreatif, pelaku UMKM, seniman dan sektor pariwisata selama pelaksanaannya.

“Asumsinya kalau 20 festival dalam satu tahun, berarti ada lebih dari satu kali dalam sebulannya,” terang Sunggono.

Lebih lanjut, Sunggono menyampaikan, di beberapa kesempatan Bupati Edy Damansyah selalu mengatakan Kukar itu adalah miniaturnya Indonesia. Karena semua suku dan kebudayaan ada.  Semuanya harus mendapat perhatian yang sama dan serius dari Pemkab Kukar.

Sunggono berharap, dari salah satu kebijakan yang ada dalam program dedikasi Kukar Idaman, sebagai bentuk keseriusan Pemkab Kukar sebagai mitra IKN.

“Berdasarkan data kami, dalam tiga tahun terakhir ada 3 festival yang diselenggarakan dalam satu bulannya, kecuali waktu Covid. Ini juga merupakan salah satu bentuk komitmen Kukar sebagai mitra IKN dalam menopang Ibu Kota baru tesebut,” pungkasnya. (*)

Kategori :