Satlantas Polres Berau Berencana Bikin Patung dari Hasil Penyitaan Ratusan Knalpot Brong

Senin 05-02-2024,13:30 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Tri Romadhani

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Satlantas Polres Berau berhasil menyita ratusan knalpot brong dari pemilik kendaraan yang melintasi sejumlah jalan protokol di Bumi Batiwakkal.

Kepala Satlantas Polres Berau, AKP Wulyadi menuturkan, keberadaan knalpot brong tentu saja mengganggu kenyamanan berkendara karena menimbulkan polusi suara. Sehingga hal ini menimbulkan kegaduhan di masyarakat.

"Sampai masyarakat paham benar bahwa knalpot yang tidak sesuai standar SNI kita tertibkan sampai habis," ucapnya, Minggu (4/2/2024).

Satlantas Polres Berau mengaku kerap kali menerima laporan warga terkait keberadaan pengguna knalpot brong yang dianggap terlalu berisik dan mengganggu sejumlah pengguna jalan. Perwira balok tiga ini menegaskan, pihaknya wajib menindaklanjuti laporan yang diadukan oleh masyarakat.

"Kami sering terima aduan dari masyarakat banyak knalpot yang suaranya sangat menganggu sekali," imbuhnya.

Ketika terjaring razia, pengendara pengguna knalpot brong diminta untuk melepas sendiri onderdil kendaraan tersebut.

“Agar menimbulkan efek jera, kami lakukan tindakan penyitaan,” tegasnya.

Dia menyebut, saat ini sudah ada 500 hingga 600 knalpot tidak standar telah yang telah diamankan. Lebih lanjut, rencananya knalpot tersebut akan dimanfaatkan menjadi patung ikon Kabupaten Berau, yakni penyu. Langkah preventif juga telah dilakukan, berupa pemasangan spanduk himbauan.

"Info himbauan atau penertiban sudah kami sampaikan di Medsos dan spanduk di beberapa titik protokol jalan," pungkasnya.

Kategori :