Warga Kota Balikpapan Bisa Aktivasi Identitas Digital di Dua Lokasi ini, Apa Manfaatnya?

Selasa 23-01-2024,10:00 WIB
Editor : Hariyadi

BALIKPAPAN, NOMORSATUKALTIM - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Balikpapan kembali melanjutkan program pendataan Identitas Kependudukan Digital (IKD) di 2024.

Pemilik Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) Kota Balikpapan, dapat melakukan aktivasi identitas kependudukan digital di dua tempat. 

Pertama, di Kantor Disdukcapil Kota Balikpapan di Jl MT Haryono Nomor 187, Kelurahan Damai, Kecamatan Balikpapan Selatan.

Kedua, Kantor Cabang Bank Kaltimtara di Jalan Ahmad Yani nomor 36, Gunung Sari Ulu, Kecamatan Balikpapan Tengah.

Kepala Disdukcapil Kota Balikpapan, Tirta Dewi menjelaskan, IKD adalah pelengkap KTP Elektronik yang selama ini telah dimiliki penduduk secara fisik. 

"Ini wajib bagi semua masyarakat yang telah memiliki KTP Elektronik," katanya.

Menurutnya, tahun 2023 lalu, Kota Balikpapan belum memenuhi target nasional aktivasi IKD sebesar 25 persen.

"Makanya di tahun ini kami gencarkan juga. Salah satunya melalui MoU dengan Bank Kaltimtara. Silakan mampir ke meja pelayanan aktivasi IKD di sana. Sambil menunggu pelayanan bank bisa aktivasi," ujar Tirta.

BACA JUGA: Pemkab Paser Gelar Operasi Pasar Murah LPG 3Kg, Cek Daftar Lokasinya

Untuk sementara ini, aktivasi IKD di Kota Balikpapan baru dapat dilakukan di Kantor Disdukcapil dan Bank Kaltimtara Gunung Sari Ulu.

Pihaknya berencana memperluas layanan ini, agar dapat dilakukan di masing-masing kecamatan. 

"Kita lihat nanti pada Februari apakah bisa dilaksanakan. Kami sudah undang pihak kecamatan. Nanti mereka juga akan kami beri kewenangan cetak KTP Elektronik," kata Tirta.

Untuk mendukung rencana ini, Disdukcapil juga melatih admin kecamatan untuk melakukan aktivasi IKD. 

"Rencananya kami juga akan melakukan program jemput bola di kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan," lanjutnya.

Pekan ini, Disdukcapil berencana menggelar aktivasi IKD jempur bola di kantor Satpol PP dan DP3AKB. 

Kategori :