KPU Siapkan 70 TPS Khusus di Kaltim, Termasuk untuk IKN

Kamis 11-01-2024,10:30 WIB
Editor : Hariyadi

SAMARINDA, NOMORSATUKALTIM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Timur (Kaltim) menyiapkan 70 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Khusus untuk Pemilu 2024.

Komisioner KPU Kaltim Divisi Perencanaan, Data dan Informasi Iffa Rosita mengatakan, TPS Khusus nantinya ditempatkan di Lapas, panti sosial, pesantren, pertambangan dan perkebunan, serta kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"TPS lokasi khusus tersebar di 8 kabupaten/kota. Total pemilih pada TPS khusus sebanyak 15.599, terdiri dari laki-laki 13.167 dan perempuan 2.432," ujar Iffa dikutip dari Antara, Kamis (11/1/2024).

Dijelaskannya, TPS khusus ini untuk memfasilitasi hak pilih bagi warga yang tidak bisa mengakses TPS reguler karena jarak, kondisi, atau terikat dengan kegiatan tertentu.

Iffa merinci TPS khusus per kabupaten/kota, yakni Kabupaten Paser sebanyak 17 TPS, Kutai Kartanegara (Kukar) sebanyak 5 TPS, Berau sebanyak 13 TPS.

"Kemudian, di Kutai Timur (Kutim) sebanyak 5 TPS, Penajam Paser Utara (PPU) sebanyak 2 TPS, Balikpapan sebanyak 11 TPS, Samarinda sebanyak 14 TPS, dan Bontang sebanyak 5 TPS," sebutnya.

Sementara itu, rekapitulasi per kategori lokasi khusus, yakni lembaga pemasyarakatan (Lapas) sebanyak 32 TPS, serta panti sosial/panti rehabilitasi sebanyak 1 TPS.

Berikutnya di lingkungan pesantren/lokasi pendidikan sebanyak 5 TPS, pertambangan sebanyak 7 TPS, perkebunan sebanyak 22 TPS, dan kawasan Ibu Kota Negara (IKN) sebanyak 3 TPS.

"Untuk kawasan IKN, kami menempatkan 2 titik di Penajam Paser Utara dan satu titik di Balikpapan," urainya.

Iffa menambahkan, KPU telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk pemungutan suara Pemilu 2024 di lokasi khusus tersebut.

"Koordinasi itu untuk memastikan pelaksanaan pemungutan suara di TPS khusus berjalan lancar dan aman," tuturnya.

Iffa berharap dengan adanya TPS lokasi khusus, seluruh Warga Negara Indonesia yang berdomisili di Kaltim yang memiliki hak pilih dapat menggunakan haknya. Serta turut berpartisipasi dalam menyukseskan pemilihan umum yang demokratis dan berkualitas.

Kategori :