Berau Dikucur Ratusan Miliar dari Pemprov Kaltim, Mayoritas Digunakan untuk Pembangunan Fisik

Selasa 02-01-2024,10:00 WIB
Reporter : Sahruddin
Editor : Tri Romadhani

BERAU, NOMORSATUKALTIM - Berau akan mendapat kucuran anggaran sebesar Rp 355,9 miliar dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur pada 2024 ini. Yang sebagian besar akan dialokasikan untuk Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau, yang mencapai Rp 339 miliar.

 

Kepala Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Berau, Endah Ernany Tiariani mengatakan, bankeu tersebut untuk kegiatan spesifik dan nonspesifik. Untuk kegiatan nonspesifik disalurkan untuk pekerjaan fisik.

 

“Untuk kegiatan spesifik dialokasikan ke beberapa OPD untuk kegiatan yang bukan pekerjaan fisik," ujar Endah, Senin (1/1/2024).

 

Sementara itu, Kepala DPUPR Berau, Fendra Firnawan mengatakan, melalui bankeu DPUPR Berau akan fokus mengerjakan pembangunan untuk mencapai realisasi terbaik.

 

“Kita berkomitmen untuk selalu optimis merealisasikan pembangunan di Kabupaten Berau," ujar Fendra.

 

Salah satu upaya yang akan dilakukan pihaknya, adalah melaksanakan tender dini terhadap beberapa pekerjaan fisik di 2024 ini. Fendra menyebut, terdapat 10 paket pekerjaan yang dilakukan tender dini.

 

Sebelum Februari 2024, tender tersebut selesai dan bisa lanjut ke tahapan berikutnya. Hal ini diambil dari beberapa catatan selama pelaksanaan realisasi pekerjaan pada 2023 lalu.

 

Selain itu, Fendra menyebut, alokasi anggaran yang melimpah pada 2023 mencapai Rp 2 triliun, menyebabkan pihaknya harus bekerja keras.

 

“Untuk itu, capaian realisasi ini cukup susah, ditambah kelangkaan bahan baku. Kita usahakan semaksimal mungkin untuk memaksimalkan realisasi anggaran tersebut," ujarnya. 

Kategori :