Kejar Target hingga 14 Persen, Sunggono: Kita Cegah Stunting hingga ke Desa-Desa

Senin 27-11-2023,23:31 WIB


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM- Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki target ambisius untuk menurunkan angka stunting hingga 14 persen pada tahun 2024. 

Target ini sejalan dengan target nasional yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Untuk mencapai target ini, Kukar akan melakukan berbagai strategi penurunan angka stunting dan pencegahan stunting di desa-desa. 

Salah satunya adalah dengan menetapkan 21 desa sebagai fokus utama penanganan dan pencegahan stunting pada tahun 2023 mendatang.

“Kami telah menetapkan 21 desa sebagai fokus utama, karena di desa-desa inilah angka stunting masih tinggi. Kami akan melakukan intervensi secara konvergen dengan melibatkan berbagai instansi terkait,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono, Senin (27/11/2023).

Sunggono menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan pembagian kewenangan penanganan stunting mulai dari tingkat kecamatan hingga desa dan kelurahan. 

Pada tingkat kecamatan, koordinasi dipimpin oleh camat untuk memfasilitasi pertemuan secara berkala, memberi dukungan dalam pemantauan dan verifikasi data, serta dukungan pendampingan pelaksanaan kegiatan.

“Kami berharap dengan adanya fokus utama ini, bisa mempercepat penurunan angka stunting di Kukar. Kami juga berkomitmen untuk terus melakukan pencegahan stunting di masyarakat, karena stunting adalah masalah serius yang berdampak pada pembangunan,” ujar Sunggono.

Stunting merupakan salah satu tugas Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar, Dinas Kesehatan dan dinas terkait lainnya. (*/adv/dp3akukar_23)

 

Kategori :