Forum Anak Kukar Akan Sampaikan Aspirasi kepada Bupati

Selasa 05-12-2023,19:51 WIB


--

Kukar, NOMORSATUKALTIM - Forum anak di Kutai Kartanegara (Kukar) akan bertemu dengan bupati untuk menyampaikan aspirasi dan kebutuhan mereka kepada pemerintah. 

Forum anak ini dibentuk oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kukar di berbagai tingkatan; mulai dari desa, kecamatan, hingga kabupaten.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DP3A Kukar, Nurul Fitriningsih, Senin (4/12/2023).

“Forum anak ini sudah berjalan. Didalam forum anak itu kita kasih kesempatan untuk berbicara, sudah ada di tingkat desa, tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten,” kata Nurul.

Nurul mengatakan bahwa forum anak ini akan diikutsertakan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (musrembang) atau rapat badan perencanaan pembangunan daerah (bappeda) yang biasanya dihadiri oleh sekretaris daerah (sekda) atau bupati.

“Kita punya rencana nanti, suatu saat menghadap ke pak sekda di musrembang atau ada rapat Bappeda untuk mendengar suara anak-anak yang biasanya kurang didengar,” paparnya.

Nurul menambahkan bahwa forum anak ini penting untuk mengakomodasi hak-hak anak yang seringkali terabaikan oleh orang dewasa.

“Ditingkat kecamatan kita sudah berusaha bahwa anak-anak harus punya suara, harus bisa bersuara dan suaranya harus di dengar di forum musrembang,” ungkapnya.

DP3A Kukar akan bertanggungjawab untuk mendampingi forum anak dalam setiap kegiatan mereka.

“Kita sampaikan mungkin nanti suatu saat memang mereka tidak harus jalan sendiri tapi kami dari DP3A yang mendampingi,” jelasnya.

Ia juga berharap bahwa forum anak ini bisa menjadi wadah untuk meningkatkan partisipasi anak dalam pembangunan daerah.

“Sebetulnya forum anak itu regulasi besarnya, nanti akan kita ujicoba berhadapan langsung dengan bupati,” tuturnya. (*/adv/dprdkukar_23)

 

Kategori :