Zulfiansyah Sosialisasikan Nilai-nilai Pancasila dan Wasbang di Unikarta

Rabu 01-11-2023,18:00 WIB
Reporter : Sammy Laurens
Editor : Sammy Laurens

Nomorsatukaltim.disway.id, Kutai Kartanegara - Anggota DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) Ahmad Zulfiansyah menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) tentang Pendidikan Pancasila dan Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta). Ia bersama Prof. Iskandar sebagai narasumber utama memaparkan konsep dan cara menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Adanya sosialisasi ini sebagai masukan untuk Perda melalui teman-teman mahasiswa,” kata Zulfiansyah, pada Kamis (1/11/2023)

Zulfiansyah mengatakan, nilai-nilai Pancasila harus dilihat dari beberapa sisi serta diterapkan dalam kegiatan sehari-hari. Sebab, Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia. Lima sila yang tertera di dalamnya juga sangat berharga dalam dunia akademik.

“Kita perjuangkan anggaran untuk masyarakat Kukar,” ujarnya.

Zulfiansyah juga menjelaskan bahwa Pancasila sebagai dasar mengatur semua tatanan kehidupan bangsa Indonesia dan mengatur penyelenggaraan negara. Sedangkan Wasbang sebagai tolok ukur nasionalisme, khususnya mengenai identitas, sejarah, budaya, dan nilai-nilai yang melekat dalam suatu bangsa.

“Mengenai pemahaman Pancasila, selain memahami juga mengamalkan dalam keseharian dan menjadi nilai kebaikan,” tuturnya.

Zulfiansyah berharap, dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat bisa mengetahui perkembangan desa-desa di Kukar. Ia juga berharap, dengan adanya pendidikan Pancasila dan Wasbang, tidak ada lagi perpecahan, hidup rukun dan saling tolong-menolong sebagaimana Indonesia identik dengan rasa gotong royong.

“Semoga pendidikan Pancasila dan Wasbang bisa menyatukan bangsa dan meningkatkan kualitas generasi penerus,” pungkasnya. (adv)

Kategori :