IWAPI Kukar dan Pemkab Bantu Korban Angin Puting Beliung di Samboja

Senin 20-11-2023,16:21 WIB

Kukar, NOMORSATUKALTIM - Angin puting beliung yang melanda Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), pada Senin (13/11/2023) lalu, mengakibatkan sejumlah rumah warga rusak parah dan tidak layak huni.

Warga yang terdampak bencana ini mendapatkan bantuan dari Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Kukar dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar.

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Ketua IWAPI Kukar, Fetty Puja Amelia Rendi Solihin, yang juga Istri Wakil Bupati Kukar, di gedung Serbaguna, Kantor Kelurahan Kuala Samboja, Senin (20/11/2023). 

Bantuan ini diberikan kepada 50 kepala keluarga (KK) yang rumahnya rusak akibat angin puting beliung.

Fetty mengatakan, bantuan ini merupakan bentuk kepedulian dan empati Pemkab Kukar kepada warga yang mengalami musibah. Ia juga mengapresiasi semangat dan ketabahan warga dalam menghadapi bencana.

“Kami turut berduka cita atas bencana ini. Kami bersyukur tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materi. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban warga dan mempercepat proses pemulihan,” kata Fetty.

Fetty juga mengimbau warga untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi bencana alam. 

Ia meminta BPBD dan Dinsos Kukar untuk melakukan sosialisasi dan edukasi tentang mitigasi bencana kepada masyarakat.

“Angin puting beliung ini sulit diprediksi, bisa muncul tiba-tiba dalam waktu singkat. Oleh karena itu, kita harus tahu gejala dan karakteristiknya agar bisa mengambil langkah antisipasi. Mencegah lebih baik daripada menanggulangi,” ujarnya.

Fetty juga mengukuhkan kepengurusan Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Samboja yang beranggotakan 28 orang. 

Ia berharap, KSB dapat bekerja sama dengan BPBD Kukar dalam mengedukasi dan memitigasi bencana yang ada di sekitar.

“KSB ini adalah mitra kami dalam menangani bencana. Kami berharap mereka dapat memberikan contoh dan inspirasi bagi masyarakat lain dalam menghadapi bencana. Kami juga berharap mereka dapat memitigasi bencana yang lebih besar di masa depan,” katanya.

Ia menegaskan, Pemkab bersama IWAPI Kukar akan terus berkomitmen untuk memberikan bantuan dan pemulihan kepada para korban bencana di Kecamatan Samboja. Pun memberikan motivasi dan semangat kepada warga yang terkena musibah.

“Kami tidak akan tinggalkan warga kami yang sedang susah. Kami akan terus mengawal dan membantu mereka sampai pulih kembali. Kami juga mengajak warga untuk bersabar dan bersyukur atas musibah ini yang merupakan ujian dari Tuhan,” imbuhnya. (*/Adv/dp3akukar_23)

Kategori :