Aktivitas Bongkar Muat Kapal Pindah dari Pondong ke Pelabuhan Senaken

Rabu 30-08-2023,18:18 WIB
Reporter : Rudi Agung
Editor : Rudi Agung

Nomorsatukaltim.com - Saat ini Pelabuhan Pondong Kecamatan Kuaro sedang direhabilitasi. Tak ingin menghambat aktivitas bongkar logistik, direncanakan akan dipindahkan sementara di Pelabuhan Senaken, Kecamatan Tanah Grogot.

Pihak Dinas Perhubungan Kabupaten Paser telah meninjau kelaikan Pelabuhan Senaken yang berada di Jalan Yos Sudarso. Hal itu dilakukan setelah adanya surat permohonan dari Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas II Tana Paser.

"Pelabuhan Pondong tutup total. Jadi kami tinjau di Pelabuhan Senakan apakah memungkinkan untuk dialihkan sementara," kata Kepala Dishub Kabupaten Paser, Inayatullah, Rabu (30/8/2023).

Informasi yang diterimanya dari pihak UPTD Pelabuhan Tana Paser atau Pelabuhan Senaken, besar kemungkinan dapat digunakan untuk kapal layar motor dengan bertonase 160 GT. Dengan muatan mencapai 500 ton dan kapal tongkang bermuatan 4.000 ton.

Dengan demikian, aktivitas bongkar muat yang sering dilakukan di Pelabuhan Pondong dengan komoditi pupuk, semen, dan crude palm oil (CPO) masih memungkinkan untuk dialihkan di Pelabuhan Senaken.

"Jadi nanti tinggal kemauan pihak ownernya (pemilik) saja, karena jaraknya juga cukup jauh untuk memasuki Sungai Kandilo, terangnya.

Setelah dilakukan peninjauan, ia belum bisa memastikan kapan mulai dipergunakan Pelabuhan Senaken tersebut.

"Setelah dinyatakan kondisi pelabuhan memungkinkan untuk digunakan, segera akan kami sampaikan ke pihak KUPP Tana Paser," pungkas Inayatullah. (asa)

Reporter: Awal

Tags :
Kategori :

Terkait