Setelah Sempat Terhenti, Turnamen Fustal Merdeka Cup II Akhirnya Kembali Digelar

Selasa 08-08-2023,22:26 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kutim, nomorsatukaltim.com – Setelah sempat terhenti, Pemkab Kutai Timur (Kutim) kembali menggelar turnamen futsal Merdaka Cup II tahun 2023 ini.

Turnamen Merdeka Cup ini sengaja dilaksanakan pada bulan Agustus untuk meramaikan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Republika Indonesia (RI).

Merdeka Cup II mempertandingkan antar tim perangkat daerah (PD) dan instansi vertikal. Digelar di halaman belakang Gedung Serba Guna (GSG) Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi, Sangatta.

Turnamen diikuti 36 tim. Dibuka Bupati Kutim Ardiansyah Sulaiman yang melakukan tendangan kick off. Tampak Ketua KONI Kutim H Rudi Hartono; Ketua Panitia yang juga sebagai Kabag Umum Setkab Misbachul Choir; Ketua AFKAB PSSI Kutim M Arya Anugerah Bulang; dan kepala perangkat daerah lainnya.

Bupati Ardiansyah Sulaiman berharap melalui turnamen itu akan muncul pemain yang dapat memberikan kontribusi pada perhelatan di tingkat lokal, provinsi maupun secara nasional.

"Saya lihat para peserta murni dari perangkat daerah dan ditambah dari Polres Kutim, Angkatan Laut dan Kejaksaan. Diharapkan semuanya bisa menunjukkan permainan luar biasa," ujar Bupati Ardiansyah, Senin (07/08/2023).

Bupati juga meminta kepada Ketua KONI Kutim untuk melihat talenta para pemain futsal, agar nantinya bisa mewakili Kutim di ajang Bapor Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri).

Ketua Panitia Misbachul Choir menyampaikan Merdeka Cup ini diawali pada tahun 2019 lalu. Rencananya akan dilaksanakan setiap tahun untuk menyongsong HUT RI.  Namun sebelumnya lantaran Pandemi COVID-19, turnamen Merdeka Cup II baru dilaksanakan tahun 2023 ini.

"Turnamen ini diikuti 33 tim dari perangkat daerah se Kutim  ditambah 3 tim dari Lanal, Polres dan Kejaksaan," tutur Misbach, sapaan akrabnya.

Pada turnamen Merdeka Cup kali ini, kata Misbach, panitia menerapkan sistem gugur.

Merdeka Cup memperebutkan piala bergilir dan piala tetap. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 30 juta rupiah.

"Turnamen ini juga ada Kategori Top Skor, Best Player, Best Goal Keeper dan suporter terbaik," pungkasnya. (*/adv/kutim23_kominfo)

Tags :
Kategori :

Terkait