KPU Pilah Logistik Pemilu 2019, Sebagian Dimusnahkan

Senin 25-11-2019,17:11 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Proses pemilahan logistik pemilu 2019. Yang ada tanda hologram akan dimusnahkan. (Andrie /Disway Kaltim). =============

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan tengah melakukan pemilahan terhadap sisa logistik Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 lalu.

Pemilahan ini meliputi surat suara dan kotak suara yang jumlahnya mencapai 10.275 logistik.

Sekretaris KPU Kota Balikpapan Syabrani mengatakan, pemilahan logistik ini berdasarkan instruksi KPU RI nomor 1320/TU.01-SD/04/SJ/X/2019 TERTANGGAL 28 OKTOBER 2019. Dimana arahan surat tersebut adalah untuk pemusnahan sisa logistik tersebut.

"Kan kita dapat surat dari KPU RI untuk memusnahkan sisa surat suara itu sama kotak suara juga. Tapi ini baru tahap pemilahan," ujarnya, Senin (25/11/2019).

Lanjut Syabrani, pemilahan ini bertujuan untuk memisahkan logistik yang terdapat tanda hologram dengan yang tidak ada. Setelah itu, bagi logistik yang tidak memiliki hologram akan dijual melalui mekanisme lelang namun masih menunggu jawaban dari KPU RI.

"Kita sudah bersurat agar yang ada hologramnya ini dijual melalui lelang. Namun jika tidak diizinkan ya kami musnahkan, dibakar atau dirusak," jelasnya.

Pemilahan ini juga disaksikan Bawaslu Kota Balikpapan. Bawaslu menilai tahapan ini memang sudah sesuai prosedur Pemilu.

"Ya kan ini memang sudah aturannya seperti ini. Tugas ini ya bagian dari pengawasan kita," ujar Komisioner Bawaslu Divisi Penindakan, Dedi Irawan saat menyaksikan pemilahan. (bom/dah)

Tags :
Kategori :

Terkait