DPRD Kaltim Pantau Pembangunan Drainase di Depsos Atas Balikpapan

Kamis 27-07-2023,23:56 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Balikpapan, nomorsatukaltim.com- Komisi III DPRD Kaltim melakukan monitoring lanjutan atas pembangunan Drainase Sekunder Depsos Atas di Jalan MT Haryono, Gg Tumaritis, Kota Balikpapan, Kamis (27/7/2023).

Monitoring kali ini dihadiri Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud (Hamas) bersama Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun dan Seno Aji.

Pun tampak pula sejumlah Anggota Komisi III DPRD Kaltim, didampingi Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) Bidang Sumber Daya Air, Dinas PUPR Kaltim Lasidu dan pihak kontraktor CV. Kertajaya Sejahtera, serta Konsultan Supervisi PT. Arcsindo Karya Utama.

Hamas menyampaikan bahwa pengerjaan lanjutan pembangunan Drainase Sekunder Depsos Atas sejauh ini sudah sesuai perencanaan.

"Sejauh ini masih on the track, sesuai dengan perencanaan dan target realisasi," katanya.

Berdasarakan hasil peninjauan Anggota DPRD Kaltim, panjang pembangunan drainase untuk Tahun 2023 pengerjaan hanya 227 meter dari total rencana pembangunan drainase sepanjang 1.200 meter.

"Kontaraktor yang sekarang ini masih punya waktu pengerjaan hingga Oktober, dan mereka menyanggupi selesai sesuai jadwal. Kami akan turun sekali lagi nanti untuk memastikan pekerjaan ini," sebutnya.

Ia juga meminta kepada Komisi III selaku komisi yang membidangi, untuk terus melakukan pengawasan pembangunan drainase tersebut.

"Apalagi drainase ini tujuannya untuk mengurangi banjir, dan mereduksi banjir akibat dibukanya pintu air pada Bendali di daerah perumahan," terang Hamas.

Untuk diketahui, pembangunan Drainase Depsos Atas ini telah berjalan sejak 2019 lalu, dan dianggarkan secara bertahap melalui APBD Kaltim. Adapun panjang existing saluran depsos atas ini mencapai 1,3 km.

Pada tahun 2019, telah dikerjakan 400 meter. Sementara 2020, pengerjaan drainase sepanjang 260 meter, dan 2021 hanya 74 meter.

Untuk 2023, pembangunan drainase ini kembali dikerjakan sepanjang 227 meter dengan anggaran mencapai Rp 4 miliar.

Pekerjaan konstruksi meliputi pekerjaan saluran dinding beton dan pengembalian fasilitas umum. Saat ini, progres hingga akhir Juli pembangunan drainase sekunder, rencana realisasi 19,363 persen, telah terlaksana 21,446 persen. Sehingga terdapat deviasi sebesar 2,084 persen. (*/adv/dprdkaltim23)

Tags :
Kategori :

Terkait