Disdik Kaltim Diminta Lebih Memperhatikan Pengawas Sekolah

Minggu 23-07-2023,23:42 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Samarinda, nomorsatukaltim.com- Anggota DPRD Provinsi Kaltim Salehuddin memandang perlu adanya perhatian dan peningkatan kompetensi pengawas sekolah. Ia melihat pengawas sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam peningkatan pelayanan dan kualitas pendidikan.

"Fakta bahwa jumlah guru dalam sistem pendidikan jauh lebih banyak daripada jumlah pengawas. Berarti perhatian lebih terhadap peningkatan kompetensi pengawas lebih dibutuhkan," ujarnya, Minggu (23/7/2023).

Menurut Salehuddin, pengawas seringkali mengalami keterlambatan dalam menerima informasi dan pelatihan yang dibutuhkan. Tapi, persoalan itu dapat diatasi melalui sinergi Dinas Pendidikan (Disdik) Kaltim dan pengawas sekolah.

Salehuddin meminta Disdik Kaltim dapat mengambil peran aktif untuk meningkatkan kompetensi pengawas sekolah.

"Mengingat satu pengawas harus mengawasi beberapa sekolah dan ratusan guru, perlu perbaikan dalam sistem rekrutmen pengawas," katanya.

Anggota legislatif asal Kukar itu berharap, aturan terkait pengangkatan pengawas dapat direvisi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendik) yang berlaku. Supaya meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengawasan di sektor pendidikan.

Saleh, sapaan akrabnya, juga menyoroti pentingnya perhatian terhadap kesejahteraan pengawas sekolah.  

"Pengawas yang memiliki kesejahteraan yang memadai akan lebih termotivasi dalam melaksanakan tugasnya dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan mutu pendidikan," pungkasnya. (*/adv/dprdkaltim23)

Tags :
Kategori :

Terkait