Zulkarnain Jelaskan Fungsi DPRD kepada Pelajar

Selasa 04-07-2023,21:17 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Achmad Syamsir Awal

Paser, Nomorsatukaltim.com - Sekretariat DPRD Paser menerima kunjungan pengajar dan pelajar SMA Negeri 1 Kuaro. Diterima langsung Sekretaris DPRD, Muhammad Iskandar Zulkarnain dan pejabat fungsional.

Zulkarnain mengapresiasi kunjungan edukatif dari pelajar SMA Negeri 1 Kuaro ke DPRD Paser. "Mereka ingin mengetahui secara langsung dan mendapatkan informasi berkaitan tugas pokok dan fungsi DPRD," katanya, Senin (3/7/2023).

Dirinya memberikan penjelasan mengenai susunan struktural di DPRD Paser. Mulai jumlah anggota legislatif maupun fraksi. Lanjut Zul biasa disapa, wakil rakyat mempunyai fungsi legislasi, anggaran dan pengawasan.

Dikatakannya kedatangan para pelajar didasari keingintahuan tentang fungsi-fungsi anggota dewan. Ia menyebut selama ini mendapat informasi dari media sosial semata.

"Sekarang mereka langsung bertanya dan mereka juga diberi tahu tentang apa saja lembaga-lembaga di DPRD terutama alat kelengkapan dewan," bebernya.

Dengan memberikan informasi berkaitan tugas pokok dan fungsi DPRD, Zul berharap para pelajar yang tengah mengenyam pendidikan di bangku SMA dapat menjadi penerus estafet kepemimpinan masa depan.

Selain itu ia juga memastikan kantor DPRD Paser terbuka bagi pelajar maupun kawula muda. Zul berpesan tak sungkan ke gedung parlemen untuk menyampaikan aspirasi maupun bertukar pikiran.

"Jangan sungkan untuk berdiskusi, mencari referensi. Karena ini (gedung DPRD) merupakan rumah rakyat. Kami justru ingin DPRD ini tempat anak muda berbagai cerita supaya bisa memberikan inspirasi kepada kita," pintanya.

Sementara itu Kepala SMA Negeri 1 Kuaro Suratman mengatakan, kunjungan itu dalam rangka menerapkan kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses keterlibatan siswa secara penuh.

"Yakni untuk mengetahui dan menemukan materi yang selama ini dipelajari dan menghubungkannya dengan kehidupan nyata dalam keseharian," tutup Suratman. (adv)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Tags :
Kategori :

Terkait