Upaya Stabilisasi Harga, Outlet Pangan Murah Hadir di Paser

Senin 03-07-2023,18:20 WIB
Reporter : Achmad Syamsir Awal
Editor : Achmad Syamsir Awal

Paser, Nomorsatukaltim.com - Upaya menjaga stabilisasi harga pangan menjadi alasan hadirnya outlet pangan di Kabupaten Paser. Lokasinya di Jalan RA Kartini Kecamatan Tanah Grogot.

Di outlet pangan ini menjual berbagai komoditas. Antara lain beras, sayur-mayur, ikan berbagai, daging, buah-buahan serta bumbu dapur. Bahkan berbagai produk UMKM seperti camilan juga dijual.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Paser, Taharuddin mengatakan jika hal itu cara pemerintah daerah hadir dalam rangka pengendalian stabilisasi pasokan dan harga pangan.

"Ini outlet pangan murah. Jadi harga yang dijual dapat dijangkau oleh masyarakat," kata Taharuddin, Senin (3/7/2023).

Ia menyebut outlet pangan murah ini buka setiap harinya. Dimana harga menyesuaikan pasaran guna menjaga stabilitas harga di pasar. Adapun yang dijual dikatakannya merupakan hasil pertanian masyarakat yang berkolaborasi dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

"Kami juga bekerja dengan BUMN di daerah seperti Bulog dan BUMD," jelasnya.

Dengan kebutuhan pokok yang dijual dan dipasok oleh petani lokal dan dibawa ke outlet pangan, dituturkan Taharuddin jika itu salah satu upaya membantu penghasilan petani.

"Kami berupaya membawa pangan yang dihasilkan petani ke outlet supaya harganya bersaing. Selama ini biasanya dibeli tengkulak, dan tidak bisa menikmati harga yang baik,"  tuturnya.

Hadirnya outlet pangan ini juga menjadi kabar baik bagi masyarakat. Pasalnya dalam setahun setidaknya empat kali akan dilakukan gerakan pangan murah. Dimana harganya jauh lebih murah dari pasaran.

"Bisa lebih murah lima persen sampai sepuluh persen. Empat kali akan dilakukan gerakan pangan murah, ya seperti hari besar nasional maupun keagamaan," tandas Taharuddin. (*)

Reporter: Achmad Syamsir Awal

Tags :
Kategori :

Terkait