Animo Tinggi “Mobil Sejuta Umat”, All New Xenia Diluncurkan di Balikpapan

Senin 22-11-2021,21:22 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Balikpapan, nomorsatukaltim.com - Daihatsu meluncurkan armada terbarunya, All New Xenia untuk menjawab tingginya permintaan masyarakat terkait kebutuhan mobil Low MPV.  Xenia yang telah hadir sejak 18 tahun itu, bertransformasi dengan segenap teknologi terbaru yang diaplikasikan kepada All New Xenia. "Sebenarnya peluncuran All New Xenia sudah diselenggarakan pada saat GIIAS di ICE - BSD Tanggerang. Tapi kami menunggu unitnya tiba di Kaltim, yang ternyata datang dalam beberapa hari lalu untuk launching," ujar Kepala Wilayah Area Kalimantan Astra Daihatsu Roland Limanauw, didampingi Kepala Cabang Astra Daihatsu Balikpapan Nidzo Muddin, Area Service Coordinator Astra Daihatsu Muhammad Aufa, Kepala Wilayah Daihatsu Serba Mulia Kalimantan Julianto serta Kepala Wilayah Daihatsu TMS Kalimantan Achmad Rofiq, saat launching di Hearth Of Borneo Restaurant, kawasan Balikpapan Super Blok (BSB), Sabtu (20/11/2021) lalu, mengutip DIsway Kaltim. Sebelumnya, Xenia dikenal masyarakat Indonesia dengan sebutan mobil sejuta umat. Itu karena tingginya animo masyarakat saat armada itu diluncurkan tepatnya 2004 lalu. Dengan tingkat penjualan hingga saat ini, mencapai lebih dari 683 ribu unit di Indonesia. All New Xenia yang merupakan generasi ketiga ini, menerapkan Daihatsu New Global Architecture (DNGA). Yakni platform terbaru Daihatsu yang dikembangkan dengan konsep kualitas tinggi dengan harga terjangkau. Penerapan teknologi terkini juga disesuaikan. Daihatsu benar-benar memperhatikan hal-hal perubahan signifikan pada armada terbarunya, hingga detail terkecil. Misalnya seperti ukuran, berat, harga dan waktu, untuk menghasilkan kendaraan yang lebih efisien. Sebagal kendaraan Low MPV berkapasitas 7 penumpang, All New Xenia hadir dengan 2 pilihan mesin 1.3L dan 1.5L berteknologi NR-VE Dual VVT-I. Dengan transmisi CVT, membuat All New Xenia memiliki performa bertenaga, responsif, akselerasi yang halus, dan efisiensi bahan bakar lebih baik. Dalam hal keselamatan, All New Xenia juga sudah dilengkapi fitur keamanan spesial tertinggi dan pertama di kelasnya. Yaitu Daihatsu A.S.A (Advances Safety Assist). Tak hanya itu, All New Xenia juga dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan lainnya. Seperti ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), HSA (Hill Start Assist), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag. Selain itu, produsen juga menyematkan fitur Window Jam Protection, Immobilizer, serta Rear parking Camera & 360 degrees Around View Monitor untuk memudahkan visibilitas pengendara saat bermanuver mundur. Dengan lampu LED yang modern, serta polished alloy wheel yang sporty, membuat All New Xenia tampil futuristik. All New Xenia memiliki kabin dan bagasi yang luas, 3 baris kursi fleksibel yang bisa disesuaikan menjadi "sofa mode" untuk memaksimalkan posisi istirahat penumpang ketika dalam perjalanan jauh. Instrumen panel didesain untuk memberikan keleluasaan jarak pandang dalam berkendara, dan dilengkapi dengan tampilan head unit bertipe floating yang modern. All New Xenia juga andal dikendarai di berbagai kondisi jalan. Dengan ground clearance setinggi 205 mm, serta radius putar sejauh 4,9 meter, membuat Xenia semakin mudah dalam bermanuver. All New Xenia tersedia dalam 12 varian, serta total 7 pilihan warna. Mengutip Anjar Rosjadi, Research & Development (R&D) Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM). "Kami berharap, All New Xenia dapat diterima oleh para keluarga di Indonesia sesuai tagline-nya, Xenia Sahabat Keluarga. Semoga All New Xenia dapat meneruskan kesuksesannya menjadi kendaraan Low MPV pilihan utama, serta berkontribusi positif bagi pasar otomotif di Indonesia," katanya. Kuasai 25 Persen Pasar Kalimantan Kepala Wilayah Area Kalimantan Astra Daihatsu Roland Limanauw menyebut, market share Astra Daihatsu di wilayah Kalimantan mencapai 22 persen pada tahun lalu. Sementara pada 2021, meningkat menjadi 25,2 persen atau rata-rata bisa menjual 1.070 unit per bulan. "Jadi kita ada kenaikan sekitar 2,6 sampai 2,8 persen," ungkapnya. Ia sangat optimistis bahwa pencapaian Daihatsu, selepas meluncurkan All New Xenia di Kalimantan, bisa meningkatkan market share lebih tinggi lagi di masa depan. "Tahun ini kita bisa naik banyak salah satunya, kita tahu bahwa Kalimantan diberkahi dengan batu bara. Dan harga batu bara itu luar biasa," katanya. Ia meyakini harga baru bara bisa menembus USD 285, walaupun harga tersebut acap kali berubah-ubah. Selama tiga pekan belakangan harga baru bara berada di angka USD 285 kemudian secara tiba-tiba berubah menjadi USD 150. "Namun selama masih berada di angka USD 100 saya rasa masih oke banget lah," katanya. Selain itu, Kalimantan juga diberkahi dengan imdustri lain seperti kelapa sawit, karet dan komoditas lainnya. "Saya melihatnya batu bara itu bisa jadi withness, oportunity, bisa jadi track kita. Lantas dengan adanya ibu kota negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menurutnya akan memberi angin segar lebih banyak investasi yang masuk di Kalimantan. Sehingga kesempatan untuk meningkatkan penjualan sesuai kebutuhan pasar pastinya akan meningkat. "Pada 2021 awal ini kita sudah memperluas coverage. Baik dari Astra Group, dari TMS, dan Serba Mulia," katanya. Selain perluasan jangkauan, pihaknya juga sudah melakukan renovasi beberapa cabang. Seperti contohnya di TMS sejak dua bulan lalu. Di mana ada peresmian gedung baru. "Nanti tidak lama lagi, kalau enggak salah di Grogot (Paser)," ujarnya. Dengan adanya IKN pula, Roland meyakini pasar akan tumbuh baik seiring masuknya kantor-kantor pemerintahan dan swasta ke wilayah IKN. "Akhirnya head officer-nya memang harus berkantor di IKN ini," katanya. Ia sendiri menargetkan, kenaikan market share sampai 27 persen pada 2022. "Tentunya jaringan kita akan kita sebar," imbuhnya. RYN/ENY

Tags :
Kategori :

Terkait