Cara Pemukim Kolonial Israel Membentuk Negaranya

Rabu 12-05-2021,05:56 WIB
Reporter : Yoyok Setiyono
Editor : Yoyok Setiyono

Nomorsatukaltim.com - Sejak awal, negara Zionis didasarkan pada pencaplokan tanah dari penduduk asli Palestina. Dengan perluasan pemukiman ilegal, aneksasi. Israel dan beberapa sekutunya, terutama AS, telah lama menggambarkan permukiman ilegal sebagai masalah sampingan, menggambarkan pemukim sebagai kelompok sayap kanan yang tidak mewakili masyarakat Israel yang lebih luas.

Tetapi beberapa ahli berpendapat bahwa pembentukan Israel modern adalah hasil dari proyek politik pemukim kolonial yang bertujuan menggantikan penduduk asli Palestina dengan pemukim dari negara lain. Akibatnya, mereka berpikir bahwa perluasan permukiman ilegal, selangkah demi selangkah, adalah bagian tak terpisahkan dari pencaplokan tanah Palestina oleh negara tersebut.

Di Sheikh Jarrah, lingkungan kelas menengah Yerusalem Timur yang terkenal dengan identitas Palestina yang khas, Israel sekali lagi menunjukkan karakter pemukim kolonialnya, memungkinkan pemukim sayap kanan untuk mengatur pengambilalihan rumah Palestina dengan kekerasan minggu lalu. Tindakan Israel, yang telah dipaksakan oleh keputusan penggusuran pengadilan, telah memicu protes besar-besaran Palestina.

Apa yang terjadi di Sheikh Jarrah mungkin juga merupakan kejahatan perang, pernyataan Uni Eropa baru-baru ini menyarankan, melihatnya sebagai perkembangan yang "mengkhawatirkan". Permukiman Israel di seluruh Palestina ilegal, melanggar hukum internasional.

"Israel melakukan kampanye yang terus meningkat untuk secara paksa memindahkan warga Palestina dari Yerusalem, termasuk di Sheikh Jarrah, dan menggantikan mereka dengan pemukim Yahudi sayap kanan, semuanya didukung oleh politik, media, dan badan hukum yang patuh," kata Antony Loewenstein, seorang jurnalis independen, penulis, dan pembuat film, yang berbasis di Yerusalem Timur dari 2016 hingga 2020.

“Apa yang terjadi di sana cocok dengan definisi yang tepat dari penjajah-kolonialisme,” kata Loewenstein kepada TRT World.

Tapi apa definisi negara pemukim kolonial?

“Sederhananya: semua koloni pemukim merupakan proses berkelanjutan dari pencaplokan tanah, di mana penduduk asli dipindahkan dan pemukim dari tempat lain dibawa untuk menempati tanah tersebut,” tulis Mark Muhannad Ayyash, profesor sosiologi di Mount Royal University di Calgary, Kanada terakhir tahun dalam sebuah komentar.

Seperti beberapa akademisi terkemuka lainnya, Ayyash juga berpikir bahwa Israel sangat cocok dengan deskripsi negara kolonial pemukim itu. Kesimpulan ulama terkemuka adalah bahwa "Israel adalah produk dari proyek kolonial pemukim nasional," tulisnya.

Ayyash menarik perhatian pada fakta bahwa banyak negara telah mencaplok tanah dari orang lain dalam waktu yang berbeda dan dengan cara yang berbeda. Tetapi lebih dari sekedar mencaplok tanah, "ciri khas negara pemukim kolonial adalah bahwa ia tidak muncul dan tidak dapat terus ada tanpa mengklaim kedaulatan atas tanah yang diambil paksa dari penduduk aslinya," menurut Ayyash.

Di masa lalu, banyak negara Eropa memiliki koloni di seluruh dunia. Tetapi ketika negara-negara seperti Inggris, Prancis, Belanda, Italia, dan lainnya meninggalkan koloni mereka, mereka tetap eksis sebagai negara-bangsa di tanah air mereka.

Tetapi dalam kasus negara pemukim kolonial , itu tidak mungkin karena kelangsungan struktur politik terkait langsung dengan pendudukan itu sendiri. Jika Israel memutuskan untuk mengakhiri pendudukannya di seluruh tanah Palestina yang bersejarah, itu akan tidak ada lagi sebagai negara berdaulat.

Karena Israel terus mencaplok tanah dari Palestina sejak didirikan pada tahun 1948, "koloni pemukim hanya dapat mengklaim kedaulatannya melalui pemberantasan dan penghapusan kedaulatan penduduk asli," tulis Ayyash.

Baru-baru ini di Sheikh Jarrah, yang mengambil namanya dari seorang tabib Arab abad ke-12 menjadi Saladin, penakluk Muslim di Yerusalem dan Tanah Suci, upaya Israel untuk memberantas identitas Palestina sangatlah jelas.

“Apa yang terjadi di Sheikh Jarrah dan Masjid Al Aqsa adalah kelanjutan dari serangan Zionis terhadap hak-hak Palestina,” kata Sami al Arian, seorang profesor Palestina-Amerika terkemuka, yang sekarang memimpin Pusat untuk Islam dan Urusan Global (GIGA) di Universitas Istanbul Zaim. Masjid Al Aqsa, yang terletak di Yerusalem Timur yang diduduki, adalah situs tersuci ketiga bagi umat Islam.

“Tujuan utama gerakan Zionis adalah untuk menghilangkan penduduk Palestina dari rakyatnya dan penduduknya dan untuk membawa pemukim Yahudi menggantikan mereka. Itu selalu menjadi tujuan Zionis dan itulah yang terjadi saat ini, "Arian memberi tahu TRT World.

Zionisme, ideologi pendiri Israel, dikembangkan oleh Theodor Herzl, seorang jurnalis Yahudi-Austria yang menyarankan dalam bukunya, Negara Yahudi, bahwa emigrasi Yahudi ke Palestina harus diorganisir secara mantap untuk menggantikan penduduk Palestina.

Tags :
Kategori :

Terkait