Fraksi Naspehando Akan Ngotot, Perjuangkan Satu Kursi Pimpinan AKD

Jumat 27-09-2019,11:58 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

Fraksi Naspehando DPRD Balikpapan bersama ketua-ketua partai yang bersangkutan. (Ariyansah/Disway Kaltim) ==========  

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Beredarnya nama-nama yang kemungkinan besar menduduki jabatan ketua AKD di DPRD Balikpapan, membuat galau fraksi gabungan Naspehando (Nasdem, PPP, Hanura dan Perindo). Partai gabungan ini juga ingin mendapat jatah 1 pimpinan komisi.

Ketua Fraksi Naspehando DPRD Balikpapan Kamarudin mengaku sudah mengetahui nama-nama yang beredar. Namun, semua belum pasti. Artinya, bisa saja berubah. Sebelum disahkan dalam rapat paripurna.

"Semua belum pasti. Itu semua masih wacana," katanya.

Dalam hal ini, lanjut Kamarudin, fraksinya tak akan tinggal diam. Jumlah sembilan kursi yang terdiri dari empat partai, akan dimaksimalkan. Untuk lobi-lobi politik. Merebut salah satu kursi ketua AKD yang ada.

"Kami tentunya akan sedikit ngotot nantinya. Dan itu biasa dalam politik. Kita akan ngotot. Paling tidak kita harus pegang satu ketua komisi atau badan," tegasnya.

Disinggung kursi pimpinan AKD apa yang jadi target. "Kami siap di komisi mana saja. Di badan juga. Kami punya orang (anggota fraksi) yang mumpuni," tambahnya.

Politisi Partai NasDem itu berharap, dalam penyusunan AKD nanti semua kepentingan fraksi terakomodir. Artinya, kursi pimpinan AKD jangan hanya dimiliki partai pemenang.

"Harus berbagi lah. Kita akan minta untuk perimbangan. Keadilan dan pemerataan dalam penyusunan AKD," pungkasnya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Fraksi Naspehando DPRD Balikpapan Nurhadi Saputra juga mengatakan. Nama-nama yang telah beredar untuk pimpinan AKD itu belum pasti. Itu bisa saja berubah.

" Dan saat ini kita masih terus melakukan komunikasi dengan fraksi-fraksi. Baik fraksi PKS, Demokrat dan PDI Perjuangan," kata politisi PPP itu.

Sebelumnya, nama-nama yang beredar itu berasal dari tiga partai pemenang. Yakni Golkar, PDI Perjuangan dan Gerindra.

Komisi I, beredar nama Johny NG (Golkar) yang kemungkinan besar mengisi jabatan ketua komisi itu. Ketua komisi II, Riri Saswita Diano (PDI Perjuangan). Ketua komisi III, Alwi Al Qadri (Golkar) dan ketua komisi IV ada nama Muhammad Taqwa (Gerindra).

Sementara badan kehormatan (BK), beredar nama Budiono (PDI Perjuangan). Yang hampir 90 persen dipastikan duduk sebagai ketua badan itu. Untuk bapem perda, ada nama Andi Arif Agung (Golkar). (sah/dah)

Tags :
Kategori :

Terkait