Asap Masih Ganggu Penerbangan, 2.100 Penumpang Lakukan Refund

Senin 23-09-2019,16:15 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Farid Indra Nugraha. (Fey/diswaykaltim.com)

Balikpapan, DiswayKaltim.com -- PT Angkasa Pura I mencatat sedikitnya 2.100 penumpang melakukan refund. Pengembalian dana pembelian tiket. Hal ini dampak dari batalnya keberangkatan karena kabut asap.

General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan Farid Indra Nugraha mengatakan. Otoritas bandara membantu kelancaran proses tersebut agar situasi tetap aman.

“Masih ada pembayaran yang idle untuk 700 penumpang senilai Rp 52 juta lebih per harinya,” kata Farid Indra, Senin (23/9/2019).

Jumlah itu tercatat selama tiga hari. Yakni dari Kamis hingga Sabtu akhir pekan lalu. Dengan demikian diperkirakan 2.100  penumpang memutuskan refund alias pengembalian uang tiket.

Soal banyaknya penumpang yang meminta refund, Farid Indra mengakui tidak menemukan masalah. “Airlines akan mengembalikan uang tiket bagi penumpang yang penerbangannya dibatalkan,” ujarnya.

Sedangkan mengenai kerugian yang dialami maskapai, Angkasa Pura tidak menanggung kerugian untuk penerbangan yang tertunda.

Selanjutnya, ungkap Farid, sebagai antisipasi, pihaknya tetap mengoptimalkan layanan penumpang di darat dengan memaksimalkan kapasitas apron dan terminal.

Untuk penerbangan, Senin (23/9/2019), AP I menyebutkan bahwa sejumlah penerbangan ke bandara antar provinsi Kalimantan masih akan berdampak untuk ditunda atau dibatalkan.

Berdasarkan data AP I, hingga Minggu (22/9/2019), sebanyak 11 penerbangan dari dan menuju Balikpapan masih terdampak. Yakni, 4 penerbangan dibatalkan dan 7 penerbangan ditunda.

Adapun jadwal penerbangan yang dibatalkan tersebut berasal dari Berau menuju Balikpapan oleh Wings Air. Penerbangan dari Balikpapan menuju Melak oleh Express Air. Selanjutnya penerbangan dari Melak menuju Balikpapan oleh Express Air.

Terakhir penerbangan dari Balikpapan menuju Tanjung Selor oleh Wings Air. Bagi 7 penerbangan yang ditunda penumpang berada di ruang tunggu. (k/fey/eny)

Tags :
Kategori :

Terkait