Memandang Sangatta dari Ketinggian 78 Mdpl di Taman Bukit Pandang Indah

Minggu 29-11-2020,21:15 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Kutim, nomorsatukaltim.com - Dibuka pertengahan 2018 lalu, Taman Bukit Pandang Indah langsung jadi primadona warga Sangatta. Memiliki ketinggian 78 meter dari permukaan laut (mdpl), bukit itu bisa memanjakan mata pengunjung. Seluruh penjuru Sangatta bisa terlihat. Wajar jika banyak warga berwisata di taman tersebut.

Lokasinya tak begitu jauh. Waktu tempuh pun hanya membuang waktu 20 menit dari pusat kota. Apalagi masih berada di komplek perkantoran Bukit Pelangi. Jelas jalan menuju taman itu sangat mulus.

Memasuki gerbang taman, pengunjung bisa langsung mengambil posisi di mana saja untuk parkir kendaraan. Ya, karena lahannya yang luas. Tersedia pula foto booth di pojok kiri taman dengan berbagai tema. Temanya pun sangat Instagramamble.

Kemudian, disiapkan pula serambi di tepi bukit. Tepat menghadap ke barat. Bisa dipakai untuk melihat pemandangan kota. Terasa lebih indah saat matahari terbenam. Cahaya langit jingga dipadu dengan warna hijau alam Sangatta membuat jejeran rumah penduduk seperti barisan batu dikelilingi lumut.

Taman Bukit Pandang Indah juga memiliki menara setinggi 8 meter. Tetapi lahan di sekitar menara lebih tinggi 3 meter dari permukaan tanah tersebut. Sehingga, pengunjung yang naik ke menara tersebut bisa melihat pemandangan lebih leluasa. Juga disiapkan kursi panjang di area tersebut.

Dari puncak menara, mata akan puas memandang ke berbagai arah. Menghadap ke timur, tersaji deretan perkantoran Bukit Pelangi dan Masjid Agung. Sebelah selatan, menghadirkan pemandangan laut. Aktivitas kapal pengangkut minyak dan batu bara terlihat seperti miniatur dari puncak menara.

Sebelah barat, pengunjung akan lebih puas melihat pemandangan kota. Sementara di utara, terlihat bukaan lahan batu bara. Berdampingan dengan hamparan hutan di sekelilingnya.

Juga disiapkan gazebo di kedua sisi taman. Bahkan kerap dipakai sopir angkutan antar kota untuk beristirahat. Pengunjung pun tak perlu takut kelaparan. Sebab juga tersedia berbagai jajanan di taman itu. Mulai makan berat, cemilan hingga minuman ringan.

Taman ini selalu ramai pada sore hingga malam hari. Saat weekend tiba, pengunjung makin membludak. Namun saban hari, ada saja warga yang menikmati keindahan Taman Bukit Pandang itu.

"Selama saya jualan di sini selalu ramai. Mulai jam 3 siang saja buka, ada saja pengunjung di sini," ujar Rahmad, penjaja makanan di Taman Bukit Pandang Indah.

Keseruan tempat wisata di tengah kota ini juga diakui beberapa pengunjung. Salah satunya Dina Mariana. Taman Bukit Pandang ini sangat cocok bagi penggila swafoto. Lantaran pemandangan yang indah dari ketinggian membuat hasilnya sangat unik.

"Bagus di sini. Bisa foto berlatar laut, Masjid Agung dan lainnya," ucapnya.

Tiap akhir pekan, taman ini ramai dikunjungi warga Sangatta

Pengunjung lainnya, Hengky bahkan merekomendasikan Taman Bukit Pandang jadi lokasi wajib bila ke Sangatta. Pria asal Balikpapan ini menilai taman ini tempat rekreasi yang komplit. Cocok untuk keluarga, teman atau dengan pasangan.

"Karena banyak spot foto, ada tempat makan. Pemandangan seru. Pokoknya ini tempat recommended di Sangatta," katanya. (bct/ava)

https://www.youtube.com/watch?v=ae3SqShUMWM
Tags :
Kategori :

Terkait