Sektor Logistik Diminati, Kadin Siap Jembatani Investor ke Pemerintah Daerah

Senin 09-09-2019,00:13 WIB
Reporter : Benny
Editor : Benny

Ketua Kadin Balikpapan Yaser Arafat (kanan) bersama Joshua Lustig (kiri), perwakilan Kedubes Amerika Serikat. (Ariyansah/Disway Kaltim)

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Perwakilan Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat di Jakarta bertemu Yaser Arafat. Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Balikpapan.

Oleh Kedubes Amerika, pertemuan itu untuk menggali informasi. Terkait usaha atau bisnis. Yang potensi dikembangkan di Balikpapan. Kaltim pada umumnya.

Beberapa sektor usaha ditawarkan. Di antaranya bisnis properti, pengelolaan kawasan industri dan manufaktur. Sektor bisnis logistik juga disampaikan prospeknya dalam pertemuan di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, Jumat (6/9/2019) malam itu.

"Kita tawarkan. Dan responsnya sangat baik. Dan positif. Saya sampaikan, mumpung masih banyak lahan tersedia," kata Yaser.

Sektor logistik, yang paling diminati. Untuk dikembangkan. Berhubungan dengan suplai kebutuhan pertambangan. Seperti alat berat. Di situ ada solarnya, ada kontainernya. Termasuk bidang perkebunan.

"Mereka akan menyampaikan hasil pertemuan dengan kami ini. Kepada delegasi-delegasi pengusaha (Amerika). Rekanan-rekanan (investor) mereka di sana. Karena tugas mereka ini kan menggali informasi peluang itu (usaha)," lanjutnya.

Dikatakan Yaser, yang paling penting untuk para investor adalah jaminan kepastian. Dalam segi hukum. "Kepastian regulasi harus friendly. Itu penting bagi mereka (investor). Masalah durasi, masalah kontrak. Itu juga penting," terangnya.

Dalam hal realisasi investasi untuk pengembangan sektor usaha di Balikpapan dan Kaltim, disampaikan Yaser. Kepada perwakilan Kedubes Amerika malam itu. Bahwa Kadin Balikpapan siap menjembatani investor yang datang. Ke pemerintah daerah. Untuk mendapatkan jaminan kepastian hukum.

"Kami sebagai salah satu stakeholder, tugasnya mengawasi dan menjembatani. Ke Pak Wali Kota (Balikpapan) maupun ke Pak Gubernur," pungkasnya. (sah)

Tags :
Kategori :

Terkait