Gegap Gempita Digitalisasi saat Pandemi COVID-19

Selasa 17-11-2020,13:12 WIB
Reporter : Disway Kaltim Group
Editor : Disway Kaltim Group

Bukan hanya itu, beberapa waktu lalu Kemenkop UKM juga mengumumkan program Pahlawan Digital UMKM. Untuk mendorong UMKM masuk ke platform digital.

Digitalisasi UMKM dalam program Pahlawan Digital UMKM terbagi dalam empat langkah. Pertama, meningkatkan kapasitas pelaku UMKM. Kedua, berupa program-program untuk perbaikan bisnis.

Ketiga, berupa memperluas akses pasar. Salah satunya bekerja sama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Agar UMKM bisa menjadi vendor pengadaan barang dan jasa. Langkah terakhir adalah glorifikasi pahlawan lokal pelaku UMKKM.

Penggagas Pahlawan Digital UMKM, Putri Tanjung memaparkan, baru sekitar 10-11 juta UMKM yang terhubung dengan ekosistem digital.

Pahlawan Digital mengkurasi anak-anak muda yang inovasinya dinilai benar-benar dapat membantu UMKM Indonesia. Termasuk untuk masuk ke platform digital.

Dengan “serangan” dukungan dari berbagai penjuru, baik dalam pembangunan ekosistem, termasuk di dalamnya infrastruktur, kemudian pelatihan, stimulus, kolaborasi dengan marketplace, dan dorongan berinovasi untuk digitalisasi UMKM, Indonesia harus yakin bakal menyongsong kebangkitan ekonomi digital yang kuat di masa mendatang. (antara/qn)

Tags :
Kategori :

Terkait