Mobil PCR Rp 3 Miliar Sudah Datang, Besok Diresmikan Wali Kota

Senin 26-10-2020,14:40 WIB
Reporter : bayong
Editor : bayong

Samarinda, nomorsatukaltim.com – Mobil PCR atau Polymerase Chain Reaction akhirnya sampai di Kota Tepian.  Setelah tiga bulan lamanya menanti.

Kedatangan mobil PCR seharga Rp 3 miliar itu dikabarkan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Samarinda Ismed Kusasih. Saat ini, kendaraan tersebut berada di Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Kaltim. "Alhamdulilah, mobil PCR sudah datang. Posisinya sekarang ada di Bapelkes," kata Ismed saat dikonfirmasi Disway Kaltim, melalui pesan singkat WhatsApp, Sabtu (24/10).

Nantinya mobil itu akan membantu tim gugus tugas melakukan screening ke seluruh kecamatan di Samarinda. Bahkan sudah dibuat jadwal operasi kelilingnya.

"Sudah kami buatkan jadwalnya, Selasa (besok)  nanti akan ke Kecamatan Samarinda Kota," ungkapnya.

Baca juga: 35 Driver Ojek Daring Jadi Korban Order Fiktif

Saat beroperasi hanya lima tenaga kesehatan yang diizinkan berada di dalam kendaraan. Soal waktu pengujian swab cukup waktu satu jam saja. alat PCR yang ada di mobil itu mampu menghasilkan 16 hasil swab.

“Masyarakat nanti harus membawa KTP. Juga menyertakan nomor telepon. Selasa nanti mobil ini sudah mulai beraktivitas. Tentunya usai diresmikan oleh Wali Kota Samarinda,” bebernya.

Selain Mobil PCR, baru-baru ini juga laboratorium kesehatan penyakit berpotensi wabah, milik Pemkot sudah beraktivitas. Laboratorium ini ada di Jalan Pelita. Beroperasinya laboratorium ini usai mendapat persetujuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.

“Laboratorium kita sudah melalui pemeriksaan assesmen persyaratan laboratorium COVID-19. Dan dinyatakan layak,” tambah Ismed. Alhasil, Pemkot Samarinda kini menjadi lebih leluasa bertindak.

“Dengan beroperasinya Mobil PCR dan laboratorium ini kami harap bisa cepat melakukan tracing terhadap wabah ini,” pungkasnya. (mic/boy)

Tags :
Kategori :

Terkait