Menyoal Diksi Pandemi

Jumat 17-07-2020,13:00 WIB
Reporter : Devi Alamsyah
Editor : Devi Alamsyah

“Kedua pilar ini yang dijadikan dasar dalam strategi komunikasi penanganan COVID-19, yang mana pilar tersebut berakar pada nilai-nilai Pancasila,” tuturnya.

Ia menerangan, konsep adaptasi kebiasaan baru terdiri dari komunikasi demokratis yang didalamnya terdapat nilai atau upaya untuk mencapai adaptasi kebiasaan baru. Berbasis pada nirkekerasan.

Kemudian, pelibatan jaringan pentahelix seperti institusi pemerintah, media massa, akademisi, lembaga pendidikan, agamawan, LSM dan NGO. Proses komunikasi ini menurutnya lebih menekankan pada pendekatan edukatif. Pengawasan dilakukan dengan melibatkan TNI dan Polri. Hal yang ingin dicapai adalah mental responsif. Yaitu masyarakat sadar akan penerapan protokol kesehatan secara disiplin.

Konsep adaptasi kebiasaan baru berkaitan tentang bagaimana masyarakat dapat hidup aman secara sosial dan ekonomi. Tetapi tetap sesuai dengan protokol kesehatan. Tujuan kenormalan baru yang ingin dicapai adalah untuk mempertahankan keberlanjutan kehidupan dengan tetap berpegang pada kedispilinan kesehatan kolektif dan produktivitas sosial dan ekonomi.

“Dalam hal ini tantangan yang dihadapi pada kesadaran masyarakat dan penegakan hukum. Sementara itu, noise pada komunikasi publik adalah pada maraknya isu hoax,” pungkasnya. (das/dah)

Tags :
Kategori :

Terkait