Penuhi Persyaratan, Perusahaan Asal Balikpapan Segera Masuk Bursa

Penuhi Persyaratan, Perusahaan Asal Balikpapan Segera Masuk Bursa

Balikpapan, DiswayKaltim.com - Perusahaan jasa pertambangan dan migas asal Balikpapan, PT Transkon Jaya kembali mengungkapkan niatnya melantai di bursa saham. Dalam pernyataan yang disampaikan Kamis (9/7), perusahaan yang bermarkas di Jalan Mulawarman, Manggar, Balikpapan Timur itu sudah memenuhi persyaratan untuk menawarkan saham perdana (initial public offering – IPO).

Kalau itu terwujud, maka Transkon Jaya akan menjadi perusahaan pertama asal Kalimantan Timur yang tercatat sebagai penghuni Bursa Efek Indonesia (BEI).    Chief Financial Officer PT Transkon Jaya, Alex Syauta mengatakan, IPO ditargetkan berlangsung bulan September.

“Kami mengharapkan kabar baik datang dari otoritas, Bursa Efek dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan) di bulan ini,” kata Alex Syauta.

Apabila sudah keluar izin baik dari OJK dan Bursa Efek, Alex menjelaskan Transkon bisa mulai melakukan pemasaran baik itu ke manajemen investasi ataupun investor di pasar modal.

Kebijakan pemerintah menerapkan adaptasi kebiasaan baru akan dimanfaatkan perusahaan untuk mengejar target yang sebelumnya terunda karena pandemi.

Seperti target pengiriman barang yang sebelumnya tertunda, akan ditingkatkan pengirimannya. Bahkan,  Alex Syauta mengaku sedang mengincar proyek besar pada semester kedua tahun ini.

Karena itu, Transkon percaya diri target mereka bisa dipenuhi. “Pertumbuhan kami masih sesuai target, yakni antara 7,5 sampai 10 persen,” jelas Alex.

Dalam kesempatan sebelumnya, Direktur Utama Transkon Jaya, Lexi Rompas mengatakan tambahan modal dari IPO akan dibagi menjadi 70:30.

70 persen untuk ekspansi perusahaan dan 30 persen untuk menambah modal usaha. Transkon Jaya belum bisa mengumumkan jumlah dana yang akan dihimpun karena menunggu proses OJK.

Usai IPO berjalan, perusahaan akan memperluas pasar keluar Kalimantan. “Beberapa tempat lain akan kita push pencapaiannya. Kami coba penetrasi besar-besaran,” imbuhnya.

Mulanya PT Transkon Jaya menargetkan bisa melantai di bursa pada Semester I-2020 seiring terbentuknya optimisme pasar dalam merespon pemilihan Kalimantan Timur sebagai Ibu Kota Negara baru.

Direktur Utama PT Transkon Jaya Lexi Rompas mengatakan rencana melakukan IPO telah disampaikan kepada otoritas terkait dan mendapatkan respons positif.

“Pihak otoritas menyambut langkah ini karena Balikpapan sebagai kota pendukung IKN (ibu kota negara) dan ini perusahaan pertama di Kalimantan Timur,” katanya akhir tahun lalu. (fey)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: