Tak Kunjung Dapat Tambahan Bantuan, 11 Juta Warga Suriah Terancam Kelaparan

Tak Kunjung Dapat Tambahan Bantuan, 11 Juta Warga Suriah Terancam Kelaparan

Damaskus, Diswaykaltim.com - Program Pangan Dunia PBB menyatakan, Suriah menghadapi risiko kelaparan massal jika tak kunjung memperoleh dana bantuan yang memadai.

Pada Selasa (30/6/2020), lebih dari 11 juta warga Suriah membutuhkan bantuan dan perlindungan kemanusiaan.

Direktur Eksekutif Program Pangan Dunia PBB David Beasley mengatakan, satu juta warga Suriah saat ini tidak aman pangan dan sebagian berada dalam kondisi sekarat.

“Kita harus punya dana dan kita harus memiliki akses. Saya tidak memperkirakan ini untuk tahun depan. Kita membutuhkannya sekarang,” ujar Beasley.

“Kita punya orang di ambang kelaparan saat ini dan mereka tidak bisa menunggu. Orang-orang akan mati, dan orang-orang sekarat saat kita bicara sekarang,” sambungnya.

Menggambarkan Suriah sebagai “rawa politik”, Beasley mengatakan, dunia harus mengupayakan bantuan untuk mencapai daerah-daerah Suriah yang dikuasai oposisi maupun pemerintah.

Perang telah meluluhlantakkan negara, membuat mata uang anjlok, yang kemudian memicu naiknya harga kebutuhan pokok di Suriah.

Kondisi saat ini dikhawatirkan dapat membuat penduduk Suriah putus asa dan memilih untuk melarikan diri ke Eropa. Seperti migrasi massal yang terjadi pada 2015 silam.

Belum lagi pukulan akibat pandemi virus corona. Dalam hal ini, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi, Filippo Grandi memperingatkan, krisis COVID-19 berdampak langsung dan menghancurkan mata pencaharian jutaan pengungsi Suriah. Yang berada di negara-negara lain.

Lebih dari 380 ribu orang telah tewas dan 13,2 juta lainnya mengungsi di dalam maupun luar Suriah sejak pemberontakan terhadap Presiden Bashar al-Assad yang dimulai pada 2011 silam.

Sekitar 6,6 juta pengungsi Suriah tersebar di seluruh dunia. Sebagian besar berada di Turki, Libanon, Yordania, Irak, dan Mesir. Di mana ekonomi negara-negara tersebut juga telah kacau dihantam pandemi virus corona. (sr/qn)

Sumber Berita: https://www.suara.com/news/2020/06/30/123903/kekurangan-dana-bantuan-suriah-dihantui-kelaparan-massal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: