Persiapan Tahapan Verifikasi Faktual, 2.054 Anggota PPS Se-Kukar Dirapid Test

Persiapan Tahapan Verifikasi Faktual, 2.054 Anggota PPS Se-Kukar Dirapid Test

KUKAR, DiswayKaltim.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kutai Kartanegara mulai melakukan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Yakni tahapan verifikasi faktual (verfak).

Untuk memastikan kesehatan para petugas yang akan melakukan verifikasi langsung ke lapangan. Dan berinteraksi langsung dengan masyarakat atau calon pemilih. KPU Kutai Kartanegara melakukan rapid diagnostic test (RDT) massal yang bekerja sama dengan Pemkab Kutai Kartanegara, pada 26-27 Juni 2020 kemarin.

"Jumlahnya sebanyak 2.054 orang," jelas Ketua KPU Kutai Kartanegara Erlyando Saputra.

Kesemuanya merupakan petugas KPU Kukar. Yang terdiri dari Panitia Pemungutan Suara (PPS), petugas Sekretariat PPS dan petugas tambahan lainnya. Di 18 kecamatan se-Kutai Kartanegara.

Berdasarkan hasil RDT yang dilakukan, Erlyando menyebut ditemukan sebanyak empat petugas yang reaktif. Yakni PPS Tabang 1 orang, PPS Tenggarong 2 orang, dan Sekretariat PPS Kelurahan di Tenggarong 1 orang. Dan kini keempatnya melakukan isolasi mandiri menunggu hingga hasil swab.

Saat dikonfirmasi, Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kutai Kartanegara Martina Yulianti menyebut jika berdasarkan informasi yang didapatnya, hanya satu yang hasil rapid test-nya menunjukkan hasil reaktif.

"Setahu saya satu aja itu, (anggota) PPS bukan sekretariat," ujar Martina melalui sambungan telepon seluler.

Untuk itu, yang bersangkutan langsung mengikuti tes swab atau Polymerase Chain Reaction (PCR). Namun untuk hasilnya, Martina menyebut masih menunggu hasil laboratoriumnya. "Mudah-mudahan segera ini, nanti saya kabari," pungkas Martina. (mrf/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: