Pengurus Wilayah Usulkan Petahana, DPP PAN Dukung Awang Yacoub

Pengurus Wilayah Usulkan Petahana, DPP PAN Dukung Awang Yacoub

KUKAR, DiswayKaltim.com - Semenjak tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 dimulai kembali, sejumlah partai politik (parpol) mulai bergerak dan memutuskan arah dukungannya.

Dua pasang bakal calon, yakni Edi Damansyah dan Awang Yacoub Luthman mulai mengumpulkan masing-masing dukungan.

Calon penantang petahana, Awang Yacoub Luthman. Sudah siap didukung penuh oleh Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (DPC PKB) Kutai Kartanegara. Dengan berpasangan bersama Suko Buono. Dipastikan dengan adanya Surat Keputusan dari DPP PKB baru-baru ini.

Sedangkan Edi juga didukung oleh beberapa partai politik yang duduk di DPRD Kutai Kartanegara. Yang menarik adalah Partai Amanat Nasional (PAN).

Partai yang dikomandoi Zulkifli Hasan tersebut seolah berbeda pendapat, antar Dewan Pengurus Pusat (DPP) dan Dewan Pengurus Wilayah (DPW).

Lantaran sempat beredar surat permohonan keputusan penunjukan nama Edi Damansyah - Rendy Solihin. Yang ditandatangani Ketua DPW PAN Kaltim Darlis Pattalongi dan Sekretaris Zain Taufik Nurrohman.

Namun sepuluh hari kemudian, yakni 15 Juni 2020. Kembali beredar surat Fakta Integritas dari DPP PAN. Didalam surat yang ditandatangani Ketum PAN Zulkifli Hasan dan Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno, menyatakan memberi dukungan kepada Awang Yacoub Luthman dan Suko Buono.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPD PAN Kukar Supriyadi enggan berkomentar lebih jauh. Terkait perbedaan pendapat ini. Dan masih menunggu dan mengikuti arahan dari DPP PAN.

"Saya tanggal 30 dipanggil, (untuk) evaluasi pilkada ke DPP," ujar Supriyadi singkat.

Namun, Supriyadi memastikan apabila telah ada keputusan dari DPP, akan menjadi tugas DPD PAN Kukar untuk memastikan kemenangan di Kutai Kartanegara. (mrf/eny)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: